5 Destinasi Bersejarah di Yogyakarta yang Bisa Jadi Bucket List Kamu!
Jalan-jalan sambil belajar sejarah, kenapa tidak?
Liburan ke Yogyakarta. Foto. dok. Global Digital Raya
Liburan ke Yogyakarta. Foto. dok. Global Digital Raya

Sudah punya rencana liburan akhir tahun? Yogyakarta bisa jadi opsi, nih!

Terletak di Pulau Jawa, Yogyakarta menawarkan kombinasi yang luar biasa antara warisan budaya, keramahan masyarakat setempat, serta keindahan alam.

Maka dari itu, Yogyakarta atau yang sering pula disebut sebagai Jogja ini pun banyak dikunjungi wisatawan. Tak heran kalau ada banyak pilihan hotel di Jogja dekat Malioboro.

Kalau berencana mengunjungi kota ini, berikut lima destinasi bersejarah yang sayang untuk dilewatkan.

1. Keraton Yogyakarta

Berbicara tentang sejarah dan budaya Yogyakarta identik dengan Keraton Yogyakarta atau Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Dibangun pada tahun 1755, keraton ini adalah istana kerajaan yang masih dihuni oleh Sultan Yogyakarta dan keluarganya.

Sebagian area pada Keraton Yogyakarta terbuka untuk publik. Pengunjung dapat mengunjungi kompleks ini untuk melihat arsitektur khas Jawa, koleksi seni tradisional, serta pertunjukan seni. Jangan lewatkan museum yang berisi peninggalan sejarah keluarga kerajaan.

2. Taman Sari

Taman Sari berlokasi tak jauh dari Keraton Yogyakarta. Dibangun pada abad ke-18 oleh Sultan Hamengkubuwono I, kompleks ini adalah tempat peristirahatan dan rekreasi bagi keluarga kerajaan.

Taman Sari terdiri dari kolam-kolam air, paviliun-paviliun indah, dan terowongan bawah tanah yang digunakan sebagai tempat mandi. Salah satu daya tarik utama Taman Sari adalah masjid bawah tanah yang disebut Sumur Gumuling.

Sumur Gumuling. Foto: dok. Shutterstock
Sumur Gumuling. Foto: dok. Shutterstock

3. Jalan Malioboro

Malioboro termasuk salah satu lokasi paling ikonik dan terkenal di Yogyakarta. Ini adalah pusat aktivitas wisata dan perbelanjaan di kota ini.

Sepanjang jalan Malioboro dipenuhi oleh toko-toko yang menjual berbagai barang, mulai dari pakaian, kerajinan tangan, perhiasan, hingga souvenir. Tempat ini cocok bagi Anda yang sedang mencari oleh-oleh. Makanan khas seperti bakpia juga sangat populer di sini.

4. Candi Prambanan

Meskipun berjarak sekitar 18 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, tak lengkap rasanya jika belum mengunjungi Candi Prambanan. Menyandang status sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi Prambanan adalah contoh keajaiban arsitektur Jawa klasik dan seni relief yang mengagumkan.

Candi terbesar dan tertinggi–sekitar 47 meter–adalah Candi Siwa. Hingga hari ini, Candi Prambanan menjadi tempat ibadah penting bagi umat Hindu.

Tidak hanya mengunjungi candi, Anda juga bisa menikmati pertunjukan Ramayana di kompleks Candi Prambanan pada malam hari. Ini bakal membuat kunjungan Anda semakin tidak terlupakan!

5. Candi Borobudur

Candi Borobudur. Foto: dok. Shutterstock
Candi Borobudur. Foto: dok. Shutterstock

Sama seperti Candi Prambanan, Candi Borobudur juga masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Candi ini sebenarnya sudah masuk wilayah Kabupaten Malang, atau berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Namun, tempat yang menjadi salah satu mahakarya seni dan arsitektur dunia ini wajib Anda kunjungi.

Dibangun sekitar abad ke-9 Masehi saat era Dinasti Syailendra, Candi Borobudur memiliki lebih dari 2.500 panel relief yang menggambarkan kehidupan Sang Buddha Siddhartha Gautama. Anda dapat menjelajahi teras-teras candi yang menjulang tinggi dan menikmati pemandangan spektakuler dari puncak candi.

Tempat-tempat tersebut sangat worth it untuk dikunjungi saat Anda berlibur ke Yogyakarta. Karena ada beberapa tempat yang perlu dilihat, satu hari tentu tidak cukup untuk menjelajahi Yogyakarta.

Tenang, destinasi ini menawarkan berbagai macam tipe penginapan bagi pengunjung. Anda bisa memesan hotel di Jogja dengan mudah melalui aplikasi Traveloka. Nikmati kemudahan dan juga berbagai promo menarik hanya di Traveloka!

Psst, ada pilihan kamar dengan fitur “Free Cancellation” juga, lho! Ini adalah fitur yang memudahkan Anda mengajukan pembatalan gratis dan refund dengan mudah.

Di samping itu, Traveloka juga menyediakan sistem pembayaran yang fleksibel. Anda bisa memesan kamar hotel sekarang dan membayarnya nanti melalui kartu kredit atau metode PayLater.

Jadi, kapan Anda akan mengunjungi Yogyakarta?

Advertorial ini dibuat oleh kumparan Studio

https://kumparan.com/kumparantravel/5-destinasi-bersejarah-di-yogyakarta-yang-bisa-jadi-bucket-list-kamu-21YD1nWxelF

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations