5 Destinasi Wisata di Thailand yang Menarik Dikunjungi Saat Libur Akhir Tahun
Ada juga kuil yang dikenla sebagai Temple of the Dawn. #kumparanTRAVEL #newsupdate
Ilustrasi kuil indah di Bangkok. Foto: Makhh/Shutterstock
Ilustrasi kuil indah di Bangkok. Foto: Makhh/Shutterstock

Jaraknya yang dekat dengan Indonesia, serta tidak membutuhkan visa menjadikan Thailand sebagai destinasi wisata favorit turis.

Bangunan peninggalan sejarah, kuliner, wisata alam, serta kuil-kuil bersejarahnya adalah sedikit dari sekian banyak destinasi wisata yang bisa kamu nikmati ketika pergi ke Negeri Gajah Putih.

Mengingat liburan akhir tahun segera tiba, Thailand mungkin menjadi destinasi berlibur yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga atau teman dekatmu.

Berencana mengunjungi Thailand dalam waktu dekat? Kumparan memiliki 5 referensi destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi saat berada di negara yang dijuluki sebagai Land of Smiles di Asia Tenggara ini.

1. Wat Arun

Wisatawan yang mengenakan kostum tradisional Thailand mengunjungi kuil Wat Arun di Bangkok, Thailand. Foto: Chalinee Thirasupa/REUTERS
Wisatawan yang mengenakan kostum tradisional Thailand mengunjungi kuil Wat Arun di Bangkok, Thailand. Foto: Chalinee Thirasupa/REUTERS

Thailand dikenal dengan beragam kuil-kuil bersejarahnya yang indah. Salah satunya adalah Wat Arun yang bisa kamu temui di seberang Wat Phra Kaew dan Wat Pho di sisi lain dari Sungai Chao Praya.

Wat Arun yang dikenal juga sebagai Temple of the Dawn atau candi fajar yang merupakan ikon kota Bangkok. Pada masa pemerintahan Taksin, candi ini dikenal dengan nama “Wat Chaeng” dan dimiliki oleh istana Taksin.

Saat pemerintahan Rama I, Wat Arun dipindahkan ke sisi lain sungai tersebut. Candi ini diabaikan dan dibiarkan kosong dalam waktu yang lama.

Di bawah pemerintahan Raja Rama II, candi ini dipugar dan pagodanya dibangun lebih tinggi sekitar 70 meter, yang menjadikan Wat Arun pagoda tertinggi di dunia. Jasad Rama II sekarang ini masih berada di bawah patung Buddha di sana. Dikatakan bahwa ia seharusnya membangun patung tersebut sendiri.

Pagoda ini secara keseluruhan didekorasi dengan porselen Cina dan menjadi fokus utama bagi turis. Pagoda ini memiliki 3 lantai, di mana kamu dapat menaikinya menggunakan tangga yang curam. Namun, hanya 2 lantai yang dibuka untuk umum.

2. Floating Markets

Damnoen Saduak Floating Market di Samut Songkhram, Thailand. Foto: DN. Mustika Sari/kumparan
Damnoen Saduak Floating Market di Samut Songkhram, Thailand. Foto: DN. Mustika Sari/kumparan

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan pasar apung yang ada di Kalimantan. Namun, enggak hanya di Kalimantan, pesona serupa juga bisa kamu temui di Thailand.

Layaknya pasar mengapung pada umumnya, Floating Markets menawarkan aneka sayur mayur dan bahan pangan lainnya.

Pemandangan pedagang wanita yang mengenakan pakaian tradisional dengan topi jerami sambil mengayuh sampan, akan kamu temukan di sini. Jika ingin berkunjung ke sini, hindari waktu pagi, yaitu pukul 08.00-11.00 waktu setempat, karena pasar ini pasti akan sesak dengan pembeli.

Floating Markets juga menyajikan aneka makanan tradisional yang bisa kamu cicipi.

3. Ayutthaya

Salah seorang turis melukis Gajah yang mengikuti perayaan Festival Songkran di Ayutthaya, Thailand. Foto: REUTERS/Soe Zeya Tun
Salah seorang turis melukis Gajah yang mengikuti perayaan Festival Songkran di Ayutthaya, Thailand. Foto: REUTERS/Soe Zeya Tun

Selanjutnya, kamu juga bisa menyambangi Kawasan Ayutthaya yang letaknya berada tak jauh dari Bangkok.

Banyak atraksi menarik saat kamu berada di sini, misalnya saja Sungai Chao Phraya dengan aliran air sungainya yang jernih. Lalu, ada istana dan kuil tua yang juga dapat kamu kunjungi.

Tak hanya puas berkeliling, kamu juga bisa memperoleh wawasan mengenai pengaruh negara-negara asing terhadap Thailand pada zaman dahulu. Kamu bisa menaiki bus atau kereta untuk mencapai kota ini.

3. Pattaya Beach

Perahu-perahu bersandar di Pantai Haad Salad yang indah di Koh Phangan, Thailand Foto: Shutterstock
Perahu-perahu bersandar di Pantai Haad Salad yang indah di Koh Phangan, Thailand Foto: Shutterstock

Pattaya adalah destinasi yang wajib disambangi saat pelesiran ke Thailand. Destinasi wisata yang terletak di Provinsi Chonburi ini merupakan salah satu destinasi paket lengkap yang sayang untuk dilewatkan.

Selain terkenal dengan pesisir pantai yang indah dan kehidupan malam yang gemerlap, ada banyak tempat wisata di Pattaya yang wajib dikunjungi.

Kamu bisa merasakan sensasi berbelanja di pasar terapung hingga mengunjungi museum Sanctuary of Truth.

Buat kamu yang ingin menjelajahi Pattaya lebih lama, tersedia pula hotel nyaman yang bisa jadi pilihan untuk menginap bareng keluarga ataupun kerabat.

4. Chiang Mai

Orang-orang melepaskan lentera apung selama Festival Yee Peng di ibukota utara Chiang Mai, Thailand, Selasa (8/11/2022).  Foto: Artorn Pooksasook/Reuters
Orang-orang melepaskan lentera apung selama Festival Yee Peng di ibukota utara Chiang Mai, Thailand, Selasa (8/11/2022). Foto: Artorn Pooksasook/Reuters

Ini adalah tempat yang cocok bagi kamu pencinta alam, karena di sini kamu bisa menjelajah sambil trekking, berkemah, bersepeda, hingga mengunjungi tempat perlindungan gajah sambil memberi makan dan memandikan gajah.

Di Chiang Mai juga banyak objek wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan, seperti Wat Phra That Doi Suthep, Chiang Mai Night Safari, Doi Inthanon National Park, Tham Phra Nawn, dan Chiang Mai Old City.

5. Bangkok

Ilustrasi wisatawan di Bangkok. Foto: cowardlion/Shutterstock
Ilustrasi wisatawan di Bangkok. Foto: cowardlion/Shutterstock

Bangkok masuk ke dalam daftar tempat liburan terbaik akhir tahun yang patut kamu kunjungi. Ibu Kota Thailand ini menawarkan banyak hal menarik untuk kamu jelajahi, mulai dari kuil, pasar malam, pusat perbelanjaan/mal, restoran, dan tempat-tempat lainnya.

Bahkan, di sini kamu bisa mendapatkan pengalaman malam tahun terbaik dengan menikmati pesta kembang api di gedung-gedung tinggi di Bangkok.

Jadi, liburan akhir tahun ke mana, nih?

https://kumparan.com/kumparantravel/5-destinasi-wisata-di-thailand-yang-menarik-dikunjungi-saat-libur-akhir-tahun-21exfYNWhxv

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations