5 Fasilitas Kantor yang Meningkatkan Kepuasan Karyawan, Mana yang Kamu Suka?
Ada beberapa fasilitas kantor yang bisa meningkatkan kepuasan karyawan, mulai dari urusan kesehatan hingga keuangan. Kamu paling suka yang mana?
Ilustrasi karyawan yang bekerja. Foto: wichayada suwanachun/Shutterstock
Ilustrasi karyawan yang bekerja. Foto: wichayada suwanachun/Shutterstock

Lingkungan kerja yang baik tidak hanya sebatas tempat untuk bekerja, tetapi juga sebuah ruang yang memberikan keseimbangan antara produktivitas, kenyamanan, dan kesejahteraan.

Salah satu elemen penting dari lingkungan kerja yang ideal adalah fasilitas kantor yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan karyawan. Apalagi di beberapa tahun belakangan ini para pekerja, terutama generasi Z, yang punya lebih memilih mengutamakan work-life balance dan kantor yang suportif.

Berikut beberapa fasilitas kantor yang paling disukai oleh karyawan dan berdampak positif pada kepuasan mereka.

5 Fasilitas Kantor Paling Disukai Karyawan

1. Fasilitas Kesehatan dan Kesejahteraan

Para pekerja kini mempertimbangkan fasilitas yang lebih mendukung produktivitas dari segi kesehatan dan kesejahteraan. Bentuknya bisa berupa aktivitas kelompok olahraga, ruang meditasi, kelengkapan P3K, hingga perlindungan kesehatan dalam bentuk asuransi.

Dengan beberapa fasilitas ini, kepuasan karyawan lebih meningkat dan bisa meningkatkan kinerjanya di kantor, lho. Kantor kamu punya fasilitas ini, guys?

2. Area Kantin dan Makan yang Nyaman

Ilustrasi kantin kantor yang nyaman. Foto: maroke/Shutterstock
Ilustrasi kantin kantor yang nyaman. Foto: maroke/Shutterstock

Bayangkan bisa beristirahat dengan tenang di area kantin yang punya beragam menu dan meja yang bersih. Tidak hanya itu, beberapa calon karyawan sering kali melakukan survei tempat makan di sekitar kantor untuk mengecek harga makanan dan jenis makanan. Karena itulah beberapa kantor pun kini mulai mengubah area makan jadi lebih nyaman.

3. Program Work-Life Balance

Sudah sering kita dengar soal work-life balance yang paling diinginkan pekerja. Untuk para pebisnis atau pengusaha, ada baiknya menerapkan beberapa fasilitas atau kebijakan. Misalnya, ruang laktasi dan child care room untuk perempuan pekerja yang memiliki anak.

Tidak hanya itu, karyawan pun lebih senang jika ada kebijakan cuti yang fair. Bahkan, kini beberapa calon karyawan mulai mencari kantor dengan kebijakan work from home atau hybrid agar bisa menyeimbangkan rutinitas kantor dengan di rumah.

4. Alat Kerja Mumpuni dan Canggih

Laptop yang up to date dengan kondisi fisik yang masih baik tentu sangat menunjang pekerjaan. Tidak hanya itu, beberapa fasilitas seperti smartphone (untuk pekerjaan tertentu) juga sangat disenangi oleh karyawan.

Yup, pasalnya alat kerja yang bermasalah sering menghambat dan memperlambat pekerjaan. Setuju?

5. Gaji dan Sistem Pembayaran Upah

Mandiri Payroll Plus dengan berbagai benefit yang disukai karyawan. Foto: Dok. Bank Mandiri
Mandiri Payroll Plus dengan berbagai benefit yang disukai karyawan. Foto: Dok. Bank Mandiri

Gaji yang kompetitif dan adil sangat berpengaruh pada kepuasan karyawan. Ketika karyawan merasa bahwa gaji yang mereka terima sesuai dengan kontribusi mereka, hal ini dapat meningkatkan motivasi, loyalitas, dan kinerja.

Selain itu, sistem pembayaran dan ketepatan waktu pembayaran juga menjadi salah satu poin yang bisa dianggap sebagai keunggulan.

Karenanya, agar tepat waktu dalam memberikan gaji karyawan, ada Mandiri Payroll Plus yang merupakan total solution package dengan layanan praktis, lengkap, untung, dan siap finansial bagi pegawai.

Setiap nasabah Payroll Mandiri bisa melakukan pembukaan rekening mulai Rp 0 atau disesuaikan dengan pengkreditan gaji pertama masuk. Saldo minimum pun hanya Rp 10 ribu saja, lho.

Di Mandiri Payroll Plus pegawai bisa #DapatLebih dan perusahaan #NgasihLebih benefit terhadap pegawai. Dengan biaya yang ringan, setiap pengguna Mandiri Payroll Plus bisa bertransaksi dengan superLengApp Livin' by Mandiri dan pembayaran gaji dengan KOPRA.

Pengajuan fasilitas kredit seperti kartu kredit, kredit kepegawaian, KPR, dan kredit kendaraan bermotor juga jadi lebih mudah. Bahkan, ada loyalty program jika melakukan transaksi dan penempatan dana berupa Livin'’poin. Nantinya bisa ditukarkan dengan hadiah langsung pada katalog atau diskon belanja di merchant.

Cashback sebesar Rp 135 ribu, bebas biaya admin, dan biaya transaksi untuk pembukaan rekening Mandiri Tabungan Payroll Online ini berlaku s.d 29 Februari 2024, ya. Kamu bisa menggunakannya untuk keperluan perusahaan maupun individual, ya. Informasi selengkapnya cek di bmri.id/programtabfpol2023.

Advertorial ini dibuat oleh kumparan Studio

https://kumparan.com/millennial/5-fasilitas-kantor-yang-meningkatkan-kepuasan-karyawan-mana-yang-kamu-suka-21ryZYzcxsU

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations