6 Tips Lari Saat Cuaca Ekstrem agar Tetap Aman dan Nyaman
Oleh teman kumparan
Ilustrasi lari. Foto: Pixabay
Ilustrasi lari. Foto: Pixabay

Cuaca ekstrem seperti panas dan hujan tidak boleh menjadi halangan untuk tetap menjalankan rutinitas olahraga, termasuk lari. Agar tetap aman, ada beberapa tips lari saat cuaca ekstrem yang bisa diterapkan.

Mengutip Fleet Feet, olahraga di tengah hujan dapat membantu menghilangkan stres. Sedangkan, lari bawah terik matahari bisa membuat tubuh cepat beradaptasi dan dapat meningkatkan performa saat berlari.

Diperlukan kiat khusus untuk berlari dengan aman saat cuaca panas maupun hujan. Apa saja tipsnya?

Tips Lari Saat Cuaca Ekstrem

Ilustrasi lari di tengah cuaca ekstrem. Foto: Pixabay
Ilustrasi lari di tengah cuaca ekstrem. Foto: Pixabay

Berlari saat cuaca ekstrem memang menantang. Namun, dengan persiapan yang tepat, olahraga ini tetap bisa dilakukan dengan aman dan nyaman. Dirangkum dari situs Very Well Fit dan Runner’s World, berikut beberapa tips lari saat cuaca ekstrem yang bisa dilakukan:

1. Gunakan Sepatu Lari yang Tepat

Sepatu menjadi salah satu perlengkapan lari yang paling utama. Saat berlari di tengah cuaca ekstrem, pastikan kamu memiliki sepatu lari yang tepat dan mendukung jenis permukaan yang dilintasi.

Jika berlari di bawah hujan, coba gunakan sepatu dengan daya cengkeram ekstra atau tahan air. Selain itu, gunakan sepatu yang sesuai dengan bentuk kaki untuk menghindari lecet atau cedera saat berlari dalam cuaca yang tidak mendukung.

2. Kenakan Baju yang Nyaman

Cuaca ekstrem membuat pelari perlu menyesuaikan pakaian mereka. Saat cuaca panas, kenakan pakaian yang ringan dan dapat menyerap keringat dengan baik. Pilih baju berwarna terang untuk menghindari panas berlebihan dari sinar matahari.

Sedangkan, saat cuaca dingin atau hujan, kenakan baju yang dapat menahan panas tubuh agar tidak kedinginan. Sebagai perlengkapan tambahan, kamu juga bisa memakai jaket atau jas hujan yang tahan air dan tahan angin.

Baca juga: 7 Tips untuk Meningkatkan Daya Tahan Saat Lari

3. Memilih Rute yang Tepat

Ilustrasi lari. Foto: Pixabay
Ilustrasi lari. Foto: Pixabay

Saat cuaca ekstrem, pertimbangkan untuk mengubah rute lari kamu. Hindari rute yang terlalu terpapar sinar matahari langsung atau berisiko terkena banjir dan pohon tumbang. Agar lebih aman, hindari pula berlari di jalan bertanah dan dipenuhi bebatuan.

4. Perhatikan Langkah Kaki

Di cuaca panas, pastikan untuk lebih berhati-hati dalam melangkah agar tidak terjatuh. Selalu fokus pada pijakan yang aman dan jangan terburu-buru melangkahkan kaki. Jika memungkinkan, pilih jalan setapak dengan permukaan yang lebih stabil agar lebih aman.

5. Bawa Baju Ganti

Jika berlari di bawah cuaca yang berubah-ubah, usahakan untuk selalu bawa baju ganti ekstra agar olahraga tetap bisa dilakukan dengan nyaman. Jika kamu basah kuyup karena hujan atau berkeringat berlebihan karena cuaca panas, mengganti pakaian basah dengan yang kering akan terasa lebih nyaman.

6. Pakai Sunscreen

Paparan sinar matahari dalam waktu lama dapat mengancam kesehatan kulit. Karena itu, selalu gunakan sunscreen alias tabir surya saat berlari di bawah sinar matahari, termasuk saat langit mendung. Ini akan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

(ADS)

Baca juga: 5 Tips Memilih Sepatu Lari yang Tepat dan Nyaman

https://kumparan.com/teman-kumparan/6-tips-lari-saat-cuaca-ekstrem-agar-tetap-aman-dan-nyaman-21G0RaM551Y

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations