7 Hal yang Menjadikan Perbedaan Budaya pada Masyarakat Indonesia
Oleh Berita Terkini
Hal Apa Saja yang Menjadikan Perbedaan Budaya pada Masyarakat Indonesia, Sumber Unsplash Firall Ar Dunda
Hal Apa Saja yang Menjadikan Perbedaan Budaya pada Masyarakat Indonesia, Sumber Unsplash Firall Ar Dunda

Budaya adalah salah satu identitas bangsa Indonesia. Uniknya, budaya pada suatu daerah berbeda dengan daerah lainnya. Lantas, hal apa saja yang menjadikan perbedaan budaya pada masyarakat Indonesia?

Ada banyak faktor yang membuat perbedaan budaya terjadi. Salah satunya adalah pebedaan kondisi alam antar daerah.

Hal Apa Saja yang Menjadikan Perbedaan Budaya pada Masyarakat Indonesia?

Hal Apa Saja yang Menjadikan Perbedaan Budaya pada Masyarakat Indonesia, Sumber Unsplash Lighten Up
Hal Apa Saja yang Menjadikan Perbedaan Budaya pada Masyarakat Indonesia, Sumber Unsplash Lighten Up

Menurut Buku Komunikasi Bisnis, Reza Nurul Ichsan, S. E., M. M. (2019: 71), budaya adalah masyarakat dalam sebuah daerah yang memiliki norma atau nilai-nilai yang dimiliki secara bersama dan proses nilai-nilai tersebut terjadi secara turun temurun.

Budaya di suatu daerah bisa berbeda dengan daerah lainnya. Lalu, hal apa saja yang menjadikan perbedaan budaya pada masyarakat Indonesia? Berikut di antaranya.

1. Kondisi Alam

Setiap daerah memiliki kondisi alam yang berbeda. Perbedaan ini akan menimbulkan keberagaman kekayaan alam. Oleh sebab itu, mata pencaharian hingga makanan pun bisa berbeda antar daerah. Hal ini bisa membuat perbedaan budaya muncuk.

2. Kondisi Negara

Indonesia merupakan negara yang berbentuk kepulauan. Hal ini membuat masyarakat tinggal di banyak pulau yang berbeda. Masing-masing pulau pun mengembangkan kebudayaan yang berbeda pula sesuai kondisi lingkungannya.

3. Posisi Negara

Indonesia adalah negara dengan letak yang strategis. Oleh sebab itu, negara ini menjadi jalur perdagangan internasional sehingga banyak orang luar negeri dengan kebudayaan berbeda yang masuk ke berbagai wilayah. Hal ini membuat budaya Indonesia di masing-masing daerah menjadi berbeda pula.

4. Sejarah

Masing-masing daerah mempunyai sejarah yang berbeda. Perbedaan sejarah ini membuat kehidupan masyarakat setempat mempunyai ciri khas yang tidak bisa ditemukan di daerah lain. Akhirnya, kebudayaan yang berkembang di sana pun berbeda dengan daerah lainnya.

5. Penerimaan Masyarakat

Setiap daerah mempunyai tingkat penerimaan masyarakat yang berbeda. Umumnya, masyarakat di perkotaan lebih bisa menerima perubahan daripada di desa. Hal ini juga bisa membuat budaya di kedua daerah ini menjadi berbeda.

6. Perbedaan Ras

Ras yang berbeda bisa menimbulkan perbedaan cara hidup antar daerah. Pada akhirnya, hal ini juga akan mempengaruhi budaya yang berkembang.

7. Transportasi dan Komunikasi

Tidak semua daerah mempunyai kemudahan akses transportasi serta komunikasi yang sama. Hal ini bisa mempengaruhi masuknya budaya asing ke suatu daerah.

Semakin sulit akses yang tersedia, maka akan semakin sulit pula budaya tersebut masuk ke daerah ini. Akhirnya, daerah tersebut masih memegang teguh budayanya

Baca juag: Proses Terbentuknya Keberagaman dan Faktor Penyebabnya

Hal apa saja yang menjadikan perbedaan budaya pada masyarakat Indonesia? Jawabannya adalah beragam seperti yang sudah dijelaskan di atas. (LOV)

https://kumparan.com/berita-terkini/7-hal-yang-menjadikan-perbedaan-budaya-pada-masyarakat-indonesia-21ZoTgupJVg

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations