7,2 Juta Orang Liburan di Jogja selama 2023, Belanjanya per Orang Rp 2,1 Juta
Oleh Pandangan Jogja
Ilustrasi wisatawan mancanegara sedang liburan di Malioboro, Yogya. Foto: Shutterstock
Ilustrasi wisatawan mancanegara sedang liburan di Malioboro, Yogya. Foto: Shutterstock

Kunjungan wisatawan ke Kota Yogyakarta sepanjang tahun 2023 kemarin mencapai angka 7.249.803 orang. Sementara itu, khusus di periode libur Natal dan tahun baru (Nataru) dari tanggal 16 Desember 2023 sampai 1 Januari 2024 mencapai 581.293 wisatawan.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko, pada Jumat (5/1) di Balai Kota Yogyakarta.

Jumlah kunjungan wisatawan sepanjang 2023 ini mengalami penurunan dari tahun 2022, di mana sepanjang tahun 2022 tercatat kunjungan wisatawan ke Kota Yogya sebesar 7,4 juta orang.

Meski begitu, rata-rata nilai belanja wisatawan di Kota Yogya mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Tahun 2023 kemarin, rata-rata belanja wisatawan di Kota Yogya mencapai angka Rp 2,1 juta lebih.

“Di tahun 2023 kita sudah membukukan angka Rp 2.174.945. Ini meningkat cukup drastis di tahun 2022 kemarin yang masih di bawah Rp 2 juta,” ujar Wahyu Hendratmoko.

Konferensi pers Pemkot Yogya di Balai Kota Yogyakarta, Jumat (5/1). Foto: Widi RH Pradana/Pandangan Jogja
Konferensi pers Pemkot Yogya di Balai Kota Yogyakarta, Jumat (5/1). Foto: Widi RH Pradana/Pandangan Jogja

Khusus untuk wisatawan di periode libur Nataru, rata-rata nilai belanja wisatawan bahkan mencapai angka Rp 2,4 juta.

Selain itu, lama menginap wisatawan di Kota Yogya juga meningkat. Pada libur Nataru, lama tinggal wisatawan di Yogya sudah menembus angka 2,2 hari. Sedangkan untuk rata-rata selama tahun 2023, lama tinggal wisatawan ada di angka 1,86 hari.

Tren ini menurutnya sudah sesuai dengan upaya transformasi pariwisata Yogya, dari yang semula menggunakan konsep mass tourism menjadi quality tourism. Artinya, jumlah kunjungan wisatawan tidak lagi jadi target utama, namun lebih fokus untuk meningkatkan nilai belanja wisatawan yang datang ke Yogya.

“Indikasinya sudah terwujud, meski ada penurunan jumlah kunjungan dari tahun lalu, tapi angka belanja wisatawan telah mengalami kenaikan,” kata Wahyu Hendratmoko.

https://kumparan.com/pandangan-jogja/7-2-juta-orang-liburan-di-jogja-selama-2023-belanjanya-per-orang-rp-2-1-juta-21uNyfQxHvc

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations