9 Contoh Hewan Nokturnal dan Penjelasannya Lengkap
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi sebutkan hewan nokturnal - Sumber: pixabay.com/pixel-mixer
Ilustrasi sebutkan hewan nokturnal - Sumber: pixabay.com/pixel-mixer

Bila diminta untuk sebutkan hewan nokturnal, artinya perlu dipahami dulu apa yang dimaksud hewan nokturnal. Hewan nokturnal adalah jenis hewan yang aktif pada malam hari dan beristirahat selama siang hari.

Mereka memiliki dan mengembangkan berbagai adaptasi unik yang memudahkan mereka untuk berburu, mencari makanan, dan berkomunikasi di kegelapan. Sebaliknya, mereka akan beristirahat dan menghentikan kegiatan di waktu siang.

Sebutkan Hewan Nokturnal di Lingkungan Sekitar!

Ilustrasi sebutkan hewan nokturnal - Sumber: pixabay.com/pavellllllll
Ilustrasi sebutkan hewan nokturnal - Sumber: pixabay.com/pavellllllll

Berbeda dengan hewan diurnal yang aktif pada siang hari, hewan nokturnal mengandalkan indra lainnya untuk beraktivitas. Misalnya, penglihatan malam, pendengaran, atau penciuman yang tajam untuk membantu mereka bertahan hidup di lingkungan yang gelap.

Berdasarkan buku Atlas Hewan, Anita Ganeri, (2007), hewan nokturnal memiliki mata yang dilengkapi dengan struktur khusus yang memungkinkan mereka melihat dengan baik dalam kondisi cahaya rendah.

Jika diminta untuk sebutkan hewan nokturnal yang ada di lingkungan sekitar, inilah beberapa di antaranya:

1. Kelelawar (Chiroptera)

Kelelawar memiliki kemampuan luar biasa untuk terbang di malam hari menggunakan echolocation atau pantulan suara. Ini dilakukan untuk mencari mangsa mereka, yang umumnya adalah serangga.

2. Burung Hantu (Owl)

Burung hantu adalah hewan dengan penglihatan yang sangat baik dalam kondisi cahaya rendah dan pendengaran yang tajam. Ini mempermudah mereka untuk memburu mangsa dengan efisien di kegelapan, seperti tikus dan serangga.

3. Tarsius

Tarsius adalah primata kecil yang ditemukan di Asia Tenggara. Mereka adalah salah satu mamalia nokturnal terkecil di dunia. Mata besarnya memberikan penglihatan yang tajam di malam hari, dan telinga yang besar untuk mendeteksi suara-suara mangsa.

4. Kelinci

Meskipun banyak kelinci aktif pada siang hari, ada beberapa spesies kelinci yang lebih aktif di malam hari, seperti kelinci tanduk, kelinci guinea, dan beberapa spesies kelinci Afrika. Mereka biasanya mencari makanan di malam hari untuk menghindari pemangsa yang berbahaya di siang hari.

5. Katak (Frog)

Banyak spesies katak, seperti katak pohon, katak padi, dan katak hujan, adalah hewan nokturnal. Mereka sering terdengar berbunyi dan aktif mencari makanan di malam hari. Beberapa spesies bahkan memiliki kemampuan untuk berubah warna di lingkungan gelap.

6. Rubah (Fox)

Rubah biasa memburu mangsa mereka, seperti tikus, kelinci, dan burung, di kegelapan malam. Rubah memiliki penglihatan yang sangat baik dalam cahaya rendah dan pendengaran yang tajam, membantu mereka menemukan mangsa mereka di malam hari.

7. Musang

Musang adalah pemakan segala, mulai dari serangga, buah-buahan, hingga burung kecil. Musang biasanya aktif di malam hari, menjelajahi wilayah mereka untuk mencari makanan dan berkomunikasi dengan sesama musang.

8. Tikus

Tikus adalah salah satu hewan pengerat yang sering menjadi masalah bagi manusia.Tikus sangat aktif bergerak pada malam hari, meskipun dalam kondisi kegelapan yang ekstrem.

9. Landak (Hedgehog)

Landak adalah jenis hewan yang tubuhnya dilapisi duri-duri tajam. Landak hewan nokturnal karena aktivitasnya sering terjadi pada malam hari. Keistimewaan landak terletak pada indra penciumannya yang sangat tajam.

Baca Juga: Penjelasan Cara Terbang Kelelawar Terbang pada Malam Hari

Itulah ulasan untuk menjawab pertanyaan sebutkan hewan nokturnal yang ada di lingkungan sekitar. Hewan-hewan nokturnal ini adalah contoh menarik dari beragam adaptasi yang dimiliki makhluk hidup untuk beraktivitas dalam kegelapan malam. (DNR)

https://kumparan.com/berita-terkini/9-contoh-hewan-nokturnal-dan-penjelasannya-lengkap-22KrwgXpSxi

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations