Ada Jejak Charlie Chaplin di Surabaya, Ini Buktinya
Oleh BASRA (Berita Anak Surabaya)
Kamar legendary suit di kamar nomor 47 Hotel Majapahit yang pernah ditempati aktor legendaris Charlie Chaplin. Foto-foto: Masruroh/Basra
Kamar legendary suit di kamar nomor 47 Hotel Majapahit yang pernah ditempati aktor legendaris Charlie Chaplin. Foto-foto: Masruroh/Basra

Charlie Chaplin adalah aktor komik Inggris terkenal dari era film bisu sekitar seabad lalu. Tampilan aktor ini identik dengan celana baggy, topi bowler kecil, kumis yang unik dan cara berjalan yang diseret dengan bantuan tongkat. Siapa sangka jika pelawak legendaris tersebut pernah singgah di Surabaya.

General Manager Hotel Majapahit Kahar Salamun mengungkapkan jika Charlie Chaplin datang ke Surabaya sekitar bulan April tahun 1932. Kedatangan Charlie Chaplin kala itu dalam rangka runtutan perjalanannya dan kelompoknya menyusuri Hindia Belanda.

Charlie Chaplin hanya tinggal sementara di Surabaya, sehari setelah mendarat dari Batavia. Selama di Surabaya, ia menginap di Hotel Oranje yang kini dikenal dengan nama Hotel Majapahit.

"Dia menginap di kamar legendary suit di kamar nomor 47. Saat dia kemari, sempat ikut meresmikan extension hotel ini," ujar Kahar kepada Basra, Senin (9/10).

Nama Charlie Chaplin lantas diabadikan sebagai nama kamar no 47 itu.

Ada Jejak Charlie Chaplin di Surabaya, Ini Buktinya

"Kamar legendary suit kami hanya ada 9 kamar saja. Yang mana masing-masing kamar mempunyai nama, salah satunya Charlie Chaplin itu," terangnya.

Kehadiran Charlie Chaplin itu diabadikan dalam sebuah foto yang kini dipajang di Balai Adika Hotel Majapahit.

Kehadiran Chaplin di Surabaya kala itu juga diperkirakan untuk menghadiri perilisan film pertamanya, City of Lights di sebuah bioskop yang kini menjadi Museum House of Sampoerna.

https://kumparan.com/beritaanaksurabaya/ada-jejak-charlie-chaplin-di-surabaya-ini-buktinya-21LaHy7gXaR

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations