Agoda Ungkap Destinasi Hidden Gem yang Diminati Wisatawan Indonesia, Ada Bekasi
Agoda merilis destinasi yang kurang dikenal tapi sedang naik daun di Indonesia. #kumparanTRAVEL #newsupdate
Ilustrasi Agoda Foto: Shutter Stock
Ilustrasi Agoda Foto: Shutter Stock

Platform perjalanan digital Agoda merilis daftar "New Horizons" pertamanya. Studi ini menyoroti data pencarian dari tahun ke tahun dari destinasi-destinasi yang jarang diketahui alias hidden gems, tapi tengah naik daun di Indonesia.

Senior Country Director-Indonesia di Agoda, Gede Gunawan, mengatakan Agoda mencatat adanya peningkatan pencarian untuk beberapa destinasi yang kurang dikenal.

"Meskipun destinasi terpopuler di Indonesia terus menarik perhatian, kami mengamati adanya peningkatan pencarian untuk beberapa tempat yang kurang dikenal selama setahun terakhir," ujar Gede Gunawan seperti dikutip dari keterangan resminya, Selasa (9/1).

Ilustrasi wisatawan yang sedang traveling di tengah pandemi Foto: Dok. Pegipegi
Ilustrasi wisatawan yang sedang traveling di tengah pandemi Foto: Dok. Pegipegi

Lebih lanjut, Gede juga mengatakan studi ini diharapkan dapat mengidentifikasi deretan hidden gem di Indonesia untuk mereka yang ingin mencari pengalaman baru.

"Tujuan kami adalah mengekspos hidden gem di Indonesia, untuk memberi aspirasi bagi para wisatawan yang mencari pengalaman baru dan destinasi yang jarang dikunjungi," lanjut dia.

Dari hasil pencarian tersebut, terungkaplah deretan destinasi wisata Indonesia yang tengah diminati. Berikut ulasannya.

Destinasi yang Banyak Dicari di Indonesia

Anyer berada di posisi teratas, dengan lonjakan pencarian sebesar 52 persen, diikuti oleh Balikpapan dengan 47 persen.

Terletak di pesisir barat Pulau Jawa, Anyer menawarkan kesempatan untuk bersantai, olahraga air, dan aktivitas yang cocok untuk keluarga. Tak hanya itu, Anyer juga menawarkan panorama sunset atau matahari terbenam yang memukau.

Selain keindahan alamnya, Anyer memiliki situs-situs bersejarah seperti mercusuar Anyer, dan sisa-sisa Jalan Anyer-Panarukan, menambah daya tarik budayanya. Jaraknya yang dekat dengan Jakarta membuat Anyer menjadi tempat liburan yang nyaman, dan resor-resornya menyediakan berbagai pilihan sesuai dengan berbagai preferensi dan anggaran.

Sejumah wisatawan beraktivitas di pantai Anyer, Banten, Selasa (26/5). Foto: ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman
Sejumah wisatawan beraktivitas di pantai Anyer, Banten, Selasa (26/5). Foto: ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Selanjutnya, berjarak 110 km dari Samarinda, Balikpapan sangat menarik karena pantainya yang indah, hutan lebat, dan keanekaragaman hayati.

Balikpapan juga menawarkan atraksi budaya dan berfungsi sebagai titik awal untuk menjelajahi bagian lain di Kalimantan Timur.

Kota ini melayani wisatawan bisnis dan rekreasi dengan pembangunan infrastruktur yang terus berlanjut, serta tuan rumah untuk berbagai acara perusahaan, menjadikannya salah satu destinasi menarik di Indonesia.

Sementara itu, Bandar Lampung, Palembang, dan Bekasi muncul dengan kenaikan masing-masing 43 persen, 41 persen, dan 40 persen.

Gajah di Taman Nasional Way Kambas, Lampung saat mandi di kolam. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Gajah di Taman Nasional Way Kambas, Lampung saat mandi di kolam. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan

Masuknya Bandar Lampung dan Palembang dalam daftar, mencerminkan peningkatan minat terhadap warisan budaya dan keindahan alam Indonesia yang kaya. Sementara Kota Bekasi menarik perhatian mereka yang mencari pengalaman perkotaan baru.

Jarak Bekasi yang dekat dengan Jakarta menjadikannya destinasi ideal untuk kunjungan singkat. Urbanisasi yang cepat telah mendorong pengembangan fasilitas kontemporer, pusat belanja, dan tempat hiburan yang menawarkan pengalaman perkotaan. Lanskap gastronomi, pasar lokal, dan atraksi budaya menambah daya tarik kota Bekasi.

Erupsi gunung Anak Krakatau pada hari Jumat, 09 Juni 2023. Foto: @PVMBG_
Erupsi gunung Anak Krakatau pada hari Jumat, 09 Juni 2023. Foto: @PVMBG_

Sementara itu, Bandar Lampung menawarkan deretan destinasi wisata yang menakjubkan seperti Gunung Krakatau dan Taman Nasional Way Kambas yang terkenal dengan keragaman spesiesnya.

Situs-situs bersejarah seperti Teluk Kiluan dan Museum Lampung memberikan pengalaman budaya yang beragam. Dengan kekayaan budaya masa lalu, pesona pantai, dan akses mudah ke keajaiban alam, Bandar Lampung menjadi destinasi yang diminati bagi wisatawan yang mencari pengalaman baru.

Dikenal dengan sejarah dan tradisi kuliner yang kaya, Palembang menjadi destinasi yang semakin populer bagi wisatawan yang ingin menjelajahi keanekaragaman budaya Indonesia.

Jembatan Ampera Sungai Musi Palembang Foto: Shutter Stock
Jembatan Ampera Sungai Musi Palembang Foto: Shutter Stock

Lokasi-lokasi menarik seperti Jembatan Ampera dan Sungai Musi, serta kuliner khas seperti model (mi kuah) dan pempek, menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Sedangkan situs bersejarah seperti Pulau Kemaro dan Museum Sultan Mahmud Badaruddin II memberi wawasan tentang masa lalu Palembang yang semarak.

Gede menambahkan, destinasi-destinasi yang sedang berkembang ini memberikan kesempatan yang menarik bagi para wisatawan untuk menemukan sisi lain dari Indonesia.

"Daftar ‘New Horizons’ Indonesia kami mencerminkan perkembangan minat wisatawan dalam menemukan pengalaman yang beragam dan kaya yang ditawarkan Indonesia. Mulai dari tempat peristirahatan yang tenang hingga pusat-pusat budaya, destinasi-destinasi ini semakin populer," pungkasnya.

https://kumparan.com/kumparantravel/agoda-ungkap-destinasi-hidden-gem-yang-diminati-wisatawan-indonesia-ada-bekasi-21w27YP2Wkw

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations