Akhir Pelarian Pegi di Kasus Vina Cirebon
Akhir Pelarian Pegi di Kasus Vina Cirebon #newsupdate #update #news #text
Polisi Menggeledah Rumah Pegi, DPO Terduga Pelaku Pembunuhan Vina dan Eki di Cirebon, Jawa Brat, Rabu (22/5/2024). Foto: Dok. kumparan
Polisi Menggeledah Rumah Pegi, DPO Terduga Pelaku Pembunuhan Vina dan Eki di Cirebon, Jawa Brat, Rabu (22/5/2024). Foto: Dok. kumparan

Pegi alias Perong alias Pegi Setiawan (30) satu dari tiga buronan di kasus pembunuhan 'Vina Cirebon, berhasil ditangkap. Penangkapan dilakukan oleh personel gabungan Ditreskrimum Polda Jawa Barat dan Mabes Polri.

"Tadi malam (21/5) kami lakukan upaya paksa penangkapan terhadap pelaku Pegi Setiawan," ujar Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Jules A Abast dalam jumpa pers di Mapolda Jabar, Rabu (22/5).

Pegi merupakan buronan kasus pembunuhan Vina dan kekasihnya Eki pada tahun 2016 lalu. Setelah 8 tahun buron, Pegi berhasil ditangkap di Bandung.

"Diamankan tadi malam di Bandung," kata Jules.

Mengapa Polisi Baru Tangkap Pegi yang Diduga Membunuh Vina Setelah 8 Tahun?

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Jules A. Abast, di Polda Jabar pada Sabtu (2/3). Foto: Rachmadi Rasyad/kumparan
Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Jules A. Abast, di Polda Jabar pada Sabtu (2/3). Foto: Rachmadi Rasyad/kumparan

Kasus Vina ini sendiri ramai lagi menjadi perbincangan setelah munculnya film tentang pembunuhan Vina yang dilakukan sekelompok geng motor di Cirebon.

Vina dan pacarnya Eky, disiksa hingga meninggal dunia. Vina sendiri mendapat kekerasan seksual.

7 Pelaku sudah diproses dan ditangkap. Hukuman mereka beragam, bahkan ada yang seumur hidup. Namun ada 3 pelaku yang buron. Dan setelah sekian lama, akhirnya satu pelaku Pegi ditangkap.

Kenapa baru ditangkap sekarang?

"Terkait dengan proses pendalaman yang sudah kita lakukan terhadap beberapa terduga pelaku, dan info yang kami dapat dari terpidana, masyarakat, kami berhasil mengungkap saat ini satu DPO atas nama saudara Pegi alias Perong," demikian jawaban Kombes Jules.

Pegi Pembunuh 'Vina Cirebon' Ditangkap, ke Mana Saja 8 Tahun Pelarian?

Pegi akhirnya berhasil ditangkap setelah 8 tahun pelarian, atau kasus terjadi pada 2016. Lalu, ke mana saja dia selama ini?

"Terakhir yang kami dapatkan adalah bekerja sebagai buruh bangunan di Bandung sehingga kami lakukan penangkapan di Bandung," kata Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Jules Abraham Abast, di Mapolda Jabar, Rabu (22/5).

Namun, Jules tak menyebutkan sudah berapa lama Pegi jadi buruh bangunan di Bandung. Ada pula yang menerka, Pegi berupaya mengelabui polisi dengan kabur dan mengganti identitas. Tapi itu semua masih didalami polisi.

Bagaimana Polisi Yakin Pria yang Ditangkap Adalah Pegi, Pembunuh Vina Cirebon?

Pegi alias Perong jadi DPO polisi kasus pembunuhan Vina Cirebon Foto: IG/Humas Polda Jabar
Pegi alias Perong jadi DPO polisi kasus pembunuhan Vina Cirebon Foto: IG/Humas Polda Jabar

Dalam DPO yang disebar, polisi tidak mencantumkan foto. Hanya ada ciri-ciri yang dinilai merupakan sosok dari para pelaku. Muncul pertanyaan kemudian, bagaimana polisi yakin jika yang ditangkap adalah Pegi?

"Tentu kita berdasarkan keterangan-keterangan yang kita dapatkan, ya seperti tadi kita sampaikan memenuhi alat bukti yang cukup, ada keterangan saksi, tersangka, keterangan ahli, itu akan kita lakukan proses ulang persesuaian apakah memang Pegi yang bersangkutan ini Pegi alias Perong yang sudah DPO," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Jules Abraham Abast, di Mapolda Jabar, Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/5).

Polisi Tetapkan Pegi Tersangka Kasus Pembunuhan Vina Cirebon

Pegi kini ditetapkan sebagai tersangka.

"Tersangka PS (Pegi Setiawan)," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Jules Abraham Abast, Rabu (22/5).

Pegi ditangkap di kawasan Jalan Kopo, Kota Bandung, Jawa Barat, pada Selasa (21/5) pukul 18.23 WIB.

Penyidik Satreskrim Polres Cirebon Kota dan Ditreskrimum Polda Jawa Barat, menggeledah kediaman Pegi untuk mengumpulkan sejumlah barang bukti terkait kasus pembunuhan Vina dan Muhammad Rizky atau Eky di Cirebon.

Pegi, Otak Pembunuh Vina Cirebon, Sempat Ganti Nama Jadi Robi

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Jules Abraham Abast, mengatakan Pegi kerap berpindah-pindah tempat dan sempat mengganti nama menjadi Robi.

Selama menjadi buron, pria asal Cirebon tersebut bekerja sebagai buruh bangunan.

"Dia berganti nama. Panggilan di tempat kerja (kuli bangunan) mengaku bernama Robi,’’ kata Jules, Rabu (22/5).

https://kumparan.com/kumparannews/akhir-pelarian-pegi-di-kasus-vina-cirebon-22nFlMy0ePL

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations