Aktivis 98 Luncurkan Situs jagatps, Hasil Pemilu 2024 Bisa Dilihat dalam 3 Hari
Platform ini mampu mengumumkan hasil perolehan suara 3 hari setelah pencoblosan pada 14 Februari 2024. #newsupdate #update #news #text
Aktivis 98  Valentina Sagala lunucrkan aplikasi jagatps.id. Foto: Dok. Istimewa
Aktivis 98 Valentina Sagala lunucrkan aplikasi jagatps.id. Foto: Dok. Istimewa

Aliansi Demokrasi Rakyat (Aldera) meluncurkan platform jagatps.id untuk memantau hasil penghitungan suara di Pemilu 2024. Platform ini mampu mengumumkan hasil perolehan suara 3 hari setelah pencoblosan pada 14 Februari 2024.

Sekretaris Umum Aldera, Valentina Sagala, yang juga merupakan aktivis 98 ini mengatakan kecepatan dalam perhitungan hasil Pemilu penting demi meminimalisasi potensi kecurangan.

"Oleh karena itu kami memperkenalkan sebuah sistem informasi teknologi yang meliputi pengumpul, verifikasi, input rekapitulasi, dan penulisan pengumuman hasil Pemilu. Kami optimis dapat mengumumkan hasil Pemilu tersebut tiga hari setelah hari pencoblosan," kata Valentina dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (19/9).

Valentina menuturkan, jagatps.id merupakan platform berbasis informasi teknologi.

Ia menyebut, akurasi perhitungan suara di jagatps.id tidak akan berbeda jauh dengan hasil resmi KPU karena ada dua relawan di setiap TPS akan mengupload hasil perhitungan suara berdasarkan C1 plano.

"Saat ini, KPU mengawasi 823.200 TPS. Untuk itu kami berharap akan menghimpun dua orang relawan di tiap TPS untuk menjadi juru catat dan kemudian akan melakukan input sehingga dapat kami infokan 3 hari setelah pencoblosan," jelasnya.

Petugas mengisi data perolehan suara pasangan calon di lembar C-KWK saat uji coba Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) pemilihan serentak di SOR Volly Indoor Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (9/9/2020). Foto: M AGUNG RAJASA/ANTARA FOTO
Petugas mengisi data perolehan suara pasangan calon di lembar C-KWK saat uji coba Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) pemilihan serentak di SOR Volly Indoor Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (9/9/2020). Foto: M AGUNG RAJASA/ANTARA FOTO

Mekanisme Rekapitulasi jagatps.id

Mekanisme rekapitulasi dari platform ini yakni dua relawan jagatps.id melakukan pencatatan terhadap hasil penghitungan suara di setiap TPS.

Selanjutnya, mereka memfoto data formulir C1 atau formulir rekapitulasi penghitungan suara dan mengirimkannya dalam kanal yang sudah disiapkan di jagatps.id.

Valentina menjelaskan, dari 823.200 TPS, mereka akan menempatkan 1.640.400 relawan untuk melakukan rekapitulasi dan menguploadnya di jagatps.id.

Mereka menggandeng berbagai elemen mulai dari perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta hingga partai politik.

"Dari 823.200 TPS yang ada kita akan menempatkan 1.640.400 relawan catat," kata Valentina.

"Kami akan menggalang seluas luasnya kerja sama dengan perguruan tinggi, organisasi masa dan partai politik. Kami yakin pihak partai politik yang paling memiliki kepentingan," ucap dia.

Aktivis 98  Valentina Sagala lunucrkan aplikasi jagatps.id. Foto: Dok. Istimewa
Aktivis 98 Valentina Sagala lunucrkan aplikasi jagatps.id. Foto: Dok. Istimewa

Sementara aktivis dari Aldera, Tino Rahardian, menuturkan ada beberapa faktor yang menyebabkan pengumuman hasil Pemilu oleh KPU berlangsung lama. Menurutnya, karena ada banyak birokrasi dalam penghitungan suara.

Sebagai contoh, rekapitulasi di Jabar yang merupakan sebagai salah satu wilayah terpadat di Indonesia bisa berlangsung cepat karena melibatkan 50 verifikator. Masing-masing verifikator akan memegang 200 data TPS.

"Berapa total verifikator tingkat nasional? 200 data per hari, kita menghitung hanya butuh 276 verifikator untuk menghitung. Kami meyakini mampu karena ini kerja kolosal, gotong royong untuk menjaga demokrasi," kata Tino.

Lebih jauh, jagatps.id ini bisa diunduh dalam aplikasi playstore dan apple store. Selain itu, platform ini tidak hanya menampilkan hasil Pilpres, tetapi juga hasil pemilihan DPD, DPR dan DPRD tingkat provinsi hingga kabupaten/kota.

https://kumparan.com/kumparannews/aktivis-98-luncurkan-situs-jagatps-hasil-pemilu-2024-bisa-dilihat-dalam-3-hari-21DhSj0LQsr

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations