Alasan Mengapa Proses Fotosintesis Penting bagi Tumbuhan
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Mengapa Proses Fotosintesis Penting, Foto: Unsplash/Designer_things.
Ilustrasi Mengapa Proses Fotosintesis Penting, Foto: Unsplash/Designer_things.

Fotosintesis adalah fenomena alam yang terjadi pada tumbuhan untuk menghasilkan makanan. Fotosintesis ini sangat penting bagi tumbuhan untuk bertahan hidup. Lantas, mengapa proses fotosintesis penting bagi tumbuhan?

Tumbuhan di Bumi biasanya mampu berfotosintesis secara alami dengan menggunakan sinar matahari untuk mengubah karbon dioksida dan air. Proses ini sama halnya dengan makhluk lainnya untuk mendapatkan energi.

Mengapa Proses Fotosintesis Penting bagi Tumbuhan?

Ilustrasi Mengapa Proses Fotosintesis Penting, Foto: Unsplash/Designer_things.
Ilustrasi Mengapa Proses Fotosintesis Penting, Foto: Unsplash/Designer_things.

Dikutip dari buku Biologi Interaktif Kelas XII IPA karya Tety Setyowati (2007: 25), fotosintesis atau asimilasi karbon merupakan proses konversi energi cahaya menjadi energi kimia. Daun merupakan organ utama dalam tubuh tumbuhan sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis.

Pada kloroplas terjadi transformasi energi, yaitu energi cahaya (foton) yang berupa energi kinetik diubah menjadi energi kimia berupa energi potensial berupa ikatan senyawa organik dalam glukosa.

Setiap tumbuhan pastinya harus melakukan proses fotosintesis. Mengapa proses fotosintesis penting bagi tumbuhan? Berikut adalah alasan mengapa proses fotosintesis itu penting.

1. Menghasilkan Oksigen untuk Makhluk Hidup

Proses fotosintesis pada tumbuhan membantu mengeluarkan produk sampingan berupa oksigen yang sangat dibutuhkan organisme hidup untuk bernafas.

Ketika perubahan kimia terjadi, tanaman menyerap karbon dioksida yang dihasilkan oleh polusi. Pada saat karbon dioksida diserap, udara di sekitar tanaman menjadi lebih bersih.

2. Produksi Makanan

Fotosintesis adalah proses di mana tumbuhan menggunakan energi matahari untuk mengubah air dan karbon dioksida menjadi glukosa dan oksigen. Glukosa yang dihasilkan adalah bentuk energi kimia yang dapat digunakan oleh tumbuhan sebagai sumber makanan.

3. Sumber Energi

Glukosa yang dihasilkan melalui fotosintesis digunakan oleh tumbuhan sebagai sumber energi untuk melakukan berbagai aktivitas seluler.

Seperti sintesis protein, pertumbuhan sel, dan metabolisme. Energi ini juga dapat disimpan dalam bentuk gula dan amilum untuk digunakan di kemudian hari.

4. Menghasilkan Glukosa

Oksigen dan buah, muncul glukosa dan pada tumbuhan digunakan sebagai bahan bakar dalam membangun zat makanan lain.

Kedua zat ini, seperti lemak dan protein diperlukan bagi hewan dan manusia. Terutama protein sangat baik untuk tubuh. Pasalnya, protein membantu memperbaiki sel dan memperkuat kekebalan tubuh manusia.

5. Melembabkan Udara di Lingkungan Sekitar

Kelembaban udara sebesar 10 persen yang berasal dari tumbuhan secara alami dapat memberikan dampak positif pada manusia.

Peningkatan kelembaban ini dapat memberikan efek menenangkan, mengatasi kelelahan, dan meningkatkan kualitas tidur dengan membuatnya lebih nyenyak.

Baca Juga: Proses Metagenesis pada Tumbuhan Lumut

Itulah beberapa alasan mengapa proses fotosintesis pada tumbuhan itu penting. Melalui proses fotosintesis ini, tumbuhan mendapatkan makanan dan energi. (Umi)

https://kumparan.com/berita-terkini/alasan-mengapa-proses-fotosintesis-penting-bagi-tumbuhan-22ErQUl7rT0

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations