Alasan Pancasila Dijadikan Pegangan dalam Mengatasi Pengaruh Kemajuan IPTEK
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi mengapa pancasila dijadikan pegangan dalam mengatasi pengaruh dari kemajuan iptek - Sumber: unsplash.com/@mufidpwt
Ilustrasi mengapa pancasila dijadikan pegangan dalam mengatasi pengaruh dari kemajuan iptek - Sumber: unsplash.com/@mufidpwt

Mengapa Pancasila dijadikan pegangan dalam mengatasi pengaruh dari kemajuan IPTEK? Dalam menghadapi kemajuan IPTEK, Pancasila menyarankan agar masyarakat diberdayakan dengan pengetahuan dan pemahaman yang cukup.

Pancasila menekankan pentingnya pendidikan dan kesadaran masyarakat. Sehingga mereka dapat mengambil keputusan yang bijaksana terkait dengan dampak kemajuan IPTEK.

Mengapa Pancasila Dijadikan Pegangan dalam Mengatasi Pengaruh dari Kemajuan IPTEK?

Ilustrasi mengapa pancasila dijadikan pegangan dalam mengatasi pengaruh dari kemajuan iptek - Sumber: pixabay.com/kaboompics
Ilustrasi mengapa pancasila dijadikan pegangan dalam mengatasi pengaruh dari kemajuan iptek - Sumber: pixabay.com/kaboompics

Pancasila dijadikan pegangan dalam mengatasi pengaruh kemajuan ilmu pengetahun dan teknologi karena mengandung nilai-nilai moral dan norma yang baik. Khususnya nilai dan norma yang sangat relevan dalam menghadapi dampak kemajuan IPTEK.

Berdasarkan buku PENDIDIKAN PANCASILA DI PERGURUAN TINGGI, Dr. Laros Tuhuteru, M.Pd, 2022, Pancasila menawarkan pandangan khusus terhadap kehidupan. Pandangan yang mengakui bahwa kemajuan IPTEK harus diintegrasikan dengan nilai-nilai moral, sosial, dan budaya.

Bila dijelaskan lebih lanjut, inilah beberapa alasan mengapa Pancasila dijadikan pegangan dalam mengatasi pengaruh dari kemajuan IPTEK.

1. Keseimbangan antara Kemajuan dan Kemanusiaan

Pancasila menekankan pentingnya keseimbangan antara kemajuan dan kesejahteraan spiritual serta kemanusiaan. Dalam menghadapi kemajuan IPTEK, Pancasila mengajarkan agar kemajuan tersebut tidak melepas nilai-nilai moral dan keadilan sosial.

2. Keselarasan dengan Prinsip Keadilan dan Kesejahteraan Sosial

Pancasila menganut prinsip-prinsip keadilan dan kesejahteraan sosial. Dalam mengatasi dampak kemajuan iptek, Pancasila menekankan perlunya mengakomodasi kepentingan semua lapisan masyarakat, sehingga manfaat kemajuan IPTEK dapat dirasakan secara merata.

3. Perlindungan terhadap Nilai-Nilai Budaya dan Kelestarian Lingkungan

Pancasila mengakui pentingnya keberlanjutan lingkungan dan pelestarian nilai-nilai budaya. Dalam mengelola kemajuan IPTEK, Pancasila memiliki nilai untuk mempertimbangkan dampak terhadap lingkungan dan budaya serta upaya menjaga keseimbangan tersebut.

4. Kedaulatan dan Kemandirian Bangsa

Pancasila mengajarkan prinsip-prinsip kedaulatan dan kemandirian bangsa. Untuk kemajuan IPTEK, Pancasila menekankan pentingnya menjaga kemandirian bangsa, baik dalam produksi maupun dalam kebijakan penggunaan teknologi.

Baca Juga: Mengapa Perlu Mengembangkan Nilai-Nilai Pancasila

Dengan mendasarkan diri pada nilai dan norma Pancasila, diharapkan kemajuan iptek dapat diarahkan menuju kesejahteraan bersama, keadilan sosial, dan keberlanjutan. Sehingga tidak menimbulkan dampak negatif yang merugikan bagi masyarakat dan lingkungan.

Jadi, mengapa pancasila dijadikan pegangan dalam mengatasi pengaruh dari kemajuan IPTEK? Alasannya adalah karena Pancasila memang mengandung nilai dan norma yang tepat untuk diterapkan dalam kehidupan masyarakat, termausk di bidang teknologi. (DNR)

https://kumparan.com/berita-terkini/alasan-pancasila-dijadikan-pegangan-dalam-mengatasi-pengaruh-kemajuan-iptek-21xtZyATimY

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations