Alasan Pancasila Merupakan Ideologi Paling Tepat bagi Bangsa Indonesia
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Jelaskan Mengapa Pancasila Merupakan Ideologi yang Paling Sesuai dan Tepat Bagi Bangsa Indonesia Jika Dibandingkan dengan Ideologi Liberalisme dan Sosialisme. Sumber: Unsplash/Mufid Majnun
Ilustrasi Jelaskan Mengapa Pancasila Merupakan Ideologi yang Paling Sesuai dan Tepat Bagi Bangsa Indonesia Jika Dibandingkan dengan Ideologi Liberalisme dan Sosialisme. Sumber: Unsplash/Mufid Majnun

Jelaskan mengapa Pancasila merupakan ideologi yang paling sesuai dan tepat bagi bangsa Indonesia jika dibandingkan dengan ideologi liberalisme dan sosialisme! Hampir semua negara menganut ideologi yang berbeda dengan negara lainnya.

Suatu ideologi digunakan di suatu negara karena dianggap sesuai dengan kondisi negara dan bangsa tersebut. Terdapat beberapa ideologi yang ada di dunia dan Indonesia menganut ideologi Pancasila.

Pancasila Merupakan Ideologi yang Paling Sesuai dan Tepat Bagi Bangsa Indonesia Jika Dibandingkan dengan Ideologi Liberalisme dan Sosialisme!

Ilustrasi Jelaskan Mengapa Pancasila Merupakan Ideologi yang Paling Sesuai dan Tepat Bagi Bangsa Indonesia Jika Dibandingkan dengan Ideologi Liberalisme dan Sosialisme. Sumber: Unsplash/Christin Hume
Ilustrasi Jelaskan Mengapa Pancasila Merupakan Ideologi yang Paling Sesuai dan Tepat Bagi Bangsa Indonesia Jika Dibandingkan dengan Ideologi Liberalisme dan Sosialisme. Sumber: Unsplash/Christin Hume

Jelaskan mengapa Pancasila merupakan ideologi yang paling sesuai dan tepat bagi bangsa Indonesia jika dibandingkan dengan ideologi liberalisme dan sosialisme! Mengutip dari Mengenal Ideologi Negara, Tyas (2020:1), kata ideologi berasal dari bahasa Yunani, yakni idea dan logos.

Idea berarti mengetahui pikiran, melihat dengan budi. Sedangkan, logos diartikan sebagai gagasan, pengertian, kata, dan ilmu. Jadi, ideologi berarti kumpulan ide atau gagasan, pemahaman, pendapat, atau pengalaman.

Ideologi dibagi menjadi beberapa tipe seperti ideologi Pancasila, liberalisme, dan sosialisme. Dikutip dari Psikotes Calon Pegawai Negeri & Swasta, Amien (2020:282), ideologi Pancasila merupakan ajaran yang tersusun sistematis dan diyakini kebenarannya karena didasarkan pada nilai-nilai Pancasila.

Ideologi Pancasila memiliki beberapa ciri seperti berikut.

  • Bidang politik: berdasarkan demokrasi Pancasila.

  • Bidang ekonomi: sistem ekonomi yang tujuannya untuk mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat.

  • Bidang sosial budaya: pola kehidupan sosial adalah kekeluargaan dan gotongroyong.

Adapun ideologi liberalisme merupakan ideologi yang mengedepankan hak individu. Segala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara harus mengutamakan kebebasan individu. Ideologi ini juga memiliki beberapa ciri seperti.

  • Hak individu dan kebebasan adalah hal utama.

  • Negara merupakan alat untuk meraih tujuan individu.

Sedangkan, ideologi sosialisme tujuannya adalah untuk menciptakan masyarakat yang faktor-faktor produksinya bersifat kolektif. Pada ideologi ini, produksi tidak dikuasai oleh individu atau swasta. Tujuan utama ideologi ini adalah untuk meraih kesejahteraan bersama.

Ideologi Pancasila dianggap paling sesuai dan tepat untuk bangsa Indonesia karena ideologi ini menganut prinsip kebebasan yang bertanggung jawab, mengakui hak-hak individu tanpa mengabaikan kepentingan bersama, dan baik masyarakat serta pemerintah memiliki hak dan kewajiban yang diatur dalam UUD 1945 dan Pancasila.

Baca juga: Ulasan tentang Ideologi Pancasila Bukan Merupakan Suatu Ideologi yang Pragmatis

Jelaskan mengapa Pancasila merupakan ideologi yang paling sesuai dan tepat bagi bangsa Indonesia jika dibandingkan dengan ideologi liberalisme dan sosialisme! Jawaban dan penjelasan mengenai ideologi tersebut bisa dipelajari agar semakin memahami materi ini. (KRIS)

https://kumparan.com/berita-terkini/alasan-pancasila-merupakan-ideologi-paling-tepat-bagi-bangsa-indonesia-21WFCTp4QnH

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations