Analisis BMKG soal Gempa 5,4 M di Mamberamo Raya: Guncangan Berkekuatan V MMI
Analisis BMKG soal Gempa 5,4 M di Mamberamo Raya: Guncangan Berkekuatan V MMI. #newsupdate #update #news #text
Ilustrasi gempa bumi. Foto: Inked Pixels/shutterstock
Ilustrasi gempa bumi. Foto: Inked Pixels/shutterstock

Gempa bumi berkekuatan 5,4 magnitudo mengguncang Kabupaten Mamberamo Raya, Papua, pada Kamis (21/3) pukul 07.19. Menurut BMKG gempa tersebut berpusat di darat dan guncangannya cukup kuat.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,2. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.14° LS ; 137,53° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 50 km Barat Laut Mamberamo Raya, Papua pada kedalaman 10 km," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangannya.

Dia mengatakan, gempa tersebut merupakan jenis dangkal, diduga akibat adanya aktivitas Sesar Yapen. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike slip).

Dampak Gempa

Berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap), gempa ini menimbulkan guncangan di daerah Sawai, Mamberamo Raya dengan skala intensitas V MMI. Artinya getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun.

Kemudian di daerah Benuki, Mamberamo Raya, dengan skala intensitas IV-V MMI; daerah Mamberamo Hilir, Mamberamo Raya, dengan skala intensitas IV MMI yang artinya bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Lalu di daerah Kota Burmeso dengan skala intensitas III - IV MMI, daerah Kota Botawa dengan skala intensitas III MMI, daerah Kota Sarmi dengan skala intensitas III MMI, daerah Kota Serui dengan skala intensitas III MMI, dan daerah Kota Kotamulia dengan skala intensitas II - III MMI.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," ucap Daryono.

Belum ada gempa susulan di lokasi tersebut.

https://kumparan.com/kumparannews/analisis-bmkg-soal-gempa-5-4-m-di-mamberamo-raya-guncangan-berkekuatan-v-mmi-22OKJaRVx32

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations