Anggota DPRD Sulut Minta Budaya Muliku Wanua Bisa Terus Dilestarikan
Oleh Manado Bacirita
Anggota DPRD Sulawesi Utara, Toni Supit ikut berjalan kaki dalam proses budaya Muliku Wanua di Pulau Tagulandang.
Anggota DPRD Sulawesi Utara, Toni Supit ikut berjalan kaki dalam proses budaya Muliku Wanua di Pulau Tagulandang.

SITARO - Anggota DPRD Sulawesi Utara (Sulut), Dr Toni Supit, meminta agar kegiatan budaya Muliku Wanua yang digelar setiap minggu terakhir bulan Januari bisa terus dilestarikan. Budaya ini menurut Toni sangat baik untuk menjaga tradisi leluhur dalam merawat silaturahmi.

Toni yang ikut hadir dan ambil bagian dalam kegiatan Muliku Wanua yang digelar Pemerintah Kabupaten Sitaro di Pulau Tagulandang ini, mengaku jika kegiatan ini memiliki peran penting untuk mempertahankan warisan budaya.

"Kegiatan ini bisa untuk memperkuat identitas budaya, menjaga dan melestarikan warisan budaya dan tak terkecuali menjadi wadah edukasi masyarakat tentang tradisi adat itu sendiri," kata Toni.

Eks Bupati Sitaro dua periode ini menyampaikan, melalui kegiatan Muliku Wanua ini bisa meningkatkan kesadaran budaya, yang mana masyarakat dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang aspek budaya yang merupakan bagian integral dari identitas daerah tersebut.

Tak hanya itu, Toni menyebutkan jika kegiatan seperti ini nantinya akan lebih menguatkan rasa kepemilikan dan keterlibatan pada partisipasi aktif masyarakat, karena ketika masyarakat berkontribusi, maka mereka akan merasa bangga dan mau mempertahankan identitas budaya mereka.

"Kesimpulannya, pagelaran budaya Muliku Wanua ini memiliki peran penting dalam memperkuat identitas budaya di daerah dengan mempertahankan warisan budaya, mempromosikan nilai-nilai budaya, meningkatkan kesadaran budaya, dan membangun solidaritas," ucapnya kembali.

franky salindeho

https://kumparan.com/manadobacirita/anggota-dprd-sulut-minta-budaya-muliku-wanua-bisa-terus-dilestarikan-224NwWTqhje

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations