Anies: Investasi Paling Menguntungkan Ada di Pendidikan Anak Usia Dini
Menurut Anies, investasi pendidikan yang paling utama justru pada usia dini. Apa alasannya? #kumparanMOM #momsupdate #moms #update #text
Anies Baswedan saat wawancara di program Info A1 kumparan pada Rabu (2/8/2023). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Anies Baswedan saat wawancara di program Info A1 kumparan pada Rabu (2/8/2023). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Pendidikan menjadi salah satu hak anak-anak. Akses pendidikan bagi anak-anak ini pun menjadi salah satu sorotan bakal calon presiden, Anies Baswedan.

Menurut Anies, akses pendidikan yang maksimal terutama di usia dini sangat mendukung dan menjadi langkah awal keberhasilan anak pada masa depannya. Sebab, bila anak telah mendapatkan pendidikan yang tepat, mereka bisa sekaligus meningkatkan kualitas SDM itu sendiri.

“Jadi kenapa saya itu fokus pada pembangunan manusia? Saya lihat bahwa membangun sebuah bangsa, menjadi maju berkembang, bila investasi di bidang pendidikan itu serius,” kata Anies saat wawancara program A1 kumparan (2/8).

Ilustrasi anak belajar di sekolah. Foto: Shutter Stock
Ilustrasi anak belajar di sekolah. Foto: Shutter Stock

Anies menjelaskan, pengeluaran pendidikan sifatnya adalah wajib (mandatory investment). Hasilnya memang tidak langsung dirasakan, tapi saat anak kelak dewasa. Maka dari itu, langkah awal untuk merasakan manfaat pendidikan adalah anak mendapatkan pendidikan usia dini yang layak dan tepat.

Ia pun berkaca pada pernyataan James J. Heckman, seorang pakar ekonomi dunia sekaligus penerima Nobel di bidang Sains dan Ekonomi. Heckman, kata Anies, bahwa investasi yang paling menguntungkan dalam dunia pendidikan adalah pendidikan anak usia dini (PAUD).

Namun, Anies melihat fenomena yang terjadi di Indonesia adalah alokasi anggaran kurang terfokus pada PAUD.

“Sementara kebanyakan dari kita, mau lihat alokasi anggaran, yang diberikan lebih banyak itu ke yang pendidikan tinggi, pendidikan menengah, yang dini enggak. Padahal return terbesar dari investasi pendidikan itu ada pada usia dini. Itu terbukti sudah,” tutur Anies.

Ilustrasi anak belajar berhitung. Foto: Shutter Stock
Ilustrasi anak belajar berhitung. Foto: Shutter Stock

Nah Moms, anak-anak usia dini kerap disebut juga masa golden age. Bila mengacu pada UU RI N0. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang dimaksud usia dini adalah anak yang berada pada rentang usia 0-6 tahun.

Saat rentang usia tersebut, si kecil sedang mengalami tumbuh kembang yang pesat, dan bahkan tidak akan terulang jika baru dilakukan kemudian hari. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memberikan stimulus sejak dini, dan memberikan pendidikan yang layak sesuai usianya, ya!

https://kumparan.com/kumparanmom/anies-investasi-paling-menguntungkan-ada-di-pendidikan-anak-usia-dini-20vkbYBgwSo

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations