Anies Sepakati Saran soal Peningkatan Pendidikan Agromaritim di Indonesia
Anies menyepakati saran dalam Desak Anies soal peningkatan pendidikan argoritim di Indonesia.
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan berdialog bersama petani dalam acara 'Desak Anies' di Asmara Garden, Gorontalo, Senin (8/1/2024). Foto: Dok. Istimewa
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan berdialog bersama petani dalam acara 'Desak Anies' di Asmara Garden, Gorontalo, Senin (8/1/2024). Foto: Dok. Istimewa

Calon presiden Koalisi Perubahan, Anies Baswedan mendapatkan saran bahwa Gorontalo harus menjadi wilayah pendidikan agromaritim dan sebuah pelopor di Indonesia. Menjawab saran tersebut, Anies mengaku setuju dengan pernyataan tersebut.

"Ini idenya bagus sekali. Jadi dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan di bidang agromaritim di Indonesia ini kepulauan ada satu aspek kegiatan pertanian, satu aspek perikanan, dua-duanya itu sama-sama di kepulauan dan perlu pendidikan," kata Anies di acara Desak Anies di Asmara Garden, Gorontalo, Senin (8/1).

Senada dengan saran itu, Mantan Rektor Universitas Paramadina itu menilai ilmu pengetahuan di bidang tersebut sangat diperlukan agar peningkatan nilai tambah di bidang tersebut bisa terjadi.

"Kalau kita hanya meneruskan apa yang sudah dikerjakan oleh generasi-generasi sebelumnya, baik-baik saja. Tapi banyak proses yang bisa dikerjakan lebih efisien, bisa lebih efektif dan harapannya nanti nilai tambah itu lebih besar lagi," tutur Anies.

"Nilai tambah itu ketika kita memproduksi misalnya jagung dan sebatas jagung saja dan tidak ditingkatkan menjadi hasil olahan maka pendapatan yang diterima ya sebatas timbangan jagungnya. Tapi jika sudah bisa diolah akan mendapatkan pendapatan lebih tinggi lagi," lanjutnya.

Anies lantas melanjutkan ke cara pengolahannya, ketika menanam jagung dengan cara tradisional jika dibandingkan dengan ilmu yang terbaru bisa lebih cepat proses penanaman, panen dengan memanfaatkan teknologi.

"Dan itu yang membutuhkan ilmu. Jadi terima kasih, idenya bagus sekali. Mudah-mudahan nanti Gorontalo menjadi agropolitan yang punya sekolah agro culture," pungkasnya.

(IK)

https://kumparan.com/kumparannews/anies-sepakati-saran-soal-peningkatan-pendidikan-agromaritim-di-indonesia-21veQsqP6Fy

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations