Anies Sindir Pengusaha yang Terus Muncul di Proyek Investasi Asing, Siapa Dia?
Anies sindir klub pengusaha yang selalu muncul di proyek investasi asing. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Anies Baswedan saat wawancara di program Info A1 kumparan pada Rabu (2/8/2023). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Anies Baswedan saat wawancara di program Info A1 kumparan pada Rabu (2/8/2023). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Bakal calon presiden (Bacapres) Anies Baswedan mengungkapkan ada sekelompok pengusaha yang selalu diberi kesempatan ketika ada proyek investasi asing.

Klub pengusaha ini, menurut Anies, hanya diisi pengusaha tertentu saja yang bisa memiliki kesempatan ikut dalam proyek investasi strategis. Padahal, seluruh pengusaha Indonesia seharusnya bisa dilibatkan dalam setiap proyek investasi.

"Ketika ada opportunity yang diundang adalah di dalam klub yang sama itu-itu terus aja. If you're not the club, you're not invited," kata Anies dalam Sarasehan 100 Ekonom, Rabu (8/11).

Hanya saja, Anies tidak membeberkan nama pengusaha-pengusaha yang termasuk dalam klub maupun contoh proyek investasi asing tersebut.

Dalam kampanyenya, Anies berjanji akan memperbaiki sektor bisnis jika nanti dia terpilih menjadi presiden 2024 hingga 2029. Dia akan menentukan sektor-sektor apa saja yang bisa memberikan ruang lebih kepada pengusaha Indonesia.

Anies juga meminta pengusaha Indonesia untuk tidak jago kandang saja alias berkuasa di dalam negeri, melainkan bisa menjadi tamu yang mempesona di negeri orang alias jago tandang.

"Kami memandang pengusaha Indonesia itu enggak cuma harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri tetapi juga menjadi tamu mempesona di negeri orang," kata Anies.

"Kalau jadi tuan rumah di negeri sendiri itu gampang tinggal kita bikin proteksi jadilah tuan rumah di negeri sendiri. Tapi kalau menjadi jago tandang itu baru hebat," tambahnya.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/anies-sindir-pengusaha-yang-terus-muncul-di-proyek-investasi-asing-siapa-dia-21Xf1q2KjYD

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations