Anies soal Kerja Sama Selatan-Selatan: Lakukan seperti Ali Sastroamidjojo
Anies menilai presiden sebagai panglima diplomasi mesti melakukan cara Ali Sastroamidjojo, mantan Perdana Menteri Indonesia.
Calon presiden nomor urut 01 Anies Baswedan menyampaikan gagasannya saat debat debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Kompleks GBK, Jakarta Pusat, Minggu (7/1/2024).
 Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Calon presiden nomor urut 01 Anies Baswedan menyampaikan gagasannya saat debat debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Kompleks GBK, Jakarta Pusat, Minggu (7/1/2024). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan

Salah satu pertanyaan dalam Debat Ketiga Capres-Cawapres 2024 yang digelar pada Minggu (7/1) menyinggung soal strategi setiap pasangan calon (paslon) untuk memperkuat kerja sama Selatan-Selatan.

Calon presiden nomor urut 01, Anies Baswedan, menyebut presiden sebagai panglima diplomasi mesti melakukan cara seperti yang diterapkan Ali Sastroamidjojo, mantan Perdana Menteri Indonesia. Caranya adalah merangkul semua pemimpin negara Selatan-Selatan sekaligus membahas agendanya.

“Yang harus dilakukan seperti yang dilakukan ketika era Bung Karno oleh Ali Sastroamidjojo. Apa yang dikerjakan? Merangkul semua, membawa apa yang menjadi agenda Selatan-Selatan,” jelas Anies.

Anies pun memberikan salah satu contoh agenda yang patut dibahas bersama Selatan-Selatan, yakni krisis iklim.

“Kita berhadapan dengan climate crisis. Biaya untuk menghadapi climate crisis itu tinggi sekali,” katanya.

“Dan kita bicara dengan Selatan-Selatan, yuk kita bicara dengan Utara-Utara bagaimana kita membiayai climate crisis sebagai satu kesatuan. Indonesia lah yang jadi pemimpin Selatan-Selatan,” imbuh Anies.

(AI)

https://kumparan.com/kumparannews/anies-soal-kerja-sama-selatan-selatan-lakukan-seperti-ali-sastroamidjojo-21vFO3FSCfQ

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations