Apa Dampak dari Pelaporan Kasus Perundungan? Ini Jawabannya
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Apa Dampak Dari Pelaporan Kasus Perundungan?, Foto: Unsplash/Aleksei Naumov.
Ilustrasi Apa Dampak Dari Pelaporan Kasus Perundungan?, Foto: Unsplash/Aleksei Naumov.

Perundungan adalah perilaku agresif atau menindas seseorang secara berulang kali baik fisik maupun verbal. Para pelaku perundungan ini harus dilaporkan agar jera. Apa dampak dari pelaporan kasus perundungan?

Perundungan sering terjadi di berbagai konteks, termasuk di tempat kerja, sekolah, atau komunitas. Perundungan dapat memberikan dampak serius pada kesejahteraan psikologis dan fisik korbannya.

Apa Dampak dari Pelaporan Kasus Perundungan?

Ilustrasi Apa Dampak Dari Pelaporan Kasus Perundungan?, Foto: Unsplash/TopVectors.
Ilustrasi Apa Dampak Dari Pelaporan Kasus Perundungan?, Foto: Unsplash/TopVectors.

Dikutip dari buku Melawan Perundungan Di Sekolah, Rahmatullah (2023: 45), kasus perundungan bisa terjadi secara langsung atau melalui dunia maya. Ketika ada kasus seperti ini, maka harus segera ditangani. Apa dampak dari pelaporan kasus perundungan?

Berikut adalah beberapa dampak dari pelaporan kasus perundungan.

1. Penanganan dan Pencegahan Bisa Dioptimalkan

Dengan adanya pelaporan, maka pihak yang berwenang bisa melakukan penanganan dan pencegahan yang lebih optimal. Caranya bisa melalui edukasi dari berbagai pihak.

2. Perlindungan Individu

Pelaporan dapat membantu korban merasa didukung dan dilindungi. Ini dapat mengurangi tekanan emosional yang mungkin mereka alami. Dengan melaporkan kasus perundungan, tindakan dapat diambil untuk meningkatkan keamanan fisik korban dan mencegah kejadian yang lebih lanjut.

3. Pencegahan Kasus

Pelaporan memungkinkan pihak berwenang untuk melakukan intervensi dini dan mencegah perundungan berlanjut atau menjadi lebih serius.

4. Pemberdayaan Saksi

Pelaporan memberikan kesempatan bagi saksi untuk terlibat dan mendukung, serta mendorong mereka untuk menjadi bagian dari solusi dan bukan bagian dari masalah.

Dampak Perundungan

Ilustrasi Apa Dampak Dari Pelaporan Kasus Perundungan?, Foto: Unsplash/TopVectors.
Ilustrasi Apa Dampak Dari Pelaporan Kasus Perundungan?, Foto: Unsplash/TopVectors.

Perundungan memberikan dampak negatif bagi korbannya, yaitu sebagai berikut.

1. Memicu Masalah Mental

Dampak perundungan bagi korban yang paling sering terjadi adalah memicu masalah kesehatan mental, seperti gangguan cemas, depresi, hingga Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD). Pengaruh perundungan terhadap kesehatan mental ini biasanya dialami oleh korban dalam jangka waktu panjang.

2. Gangguan Tidur

Insomnia juga menjadi salah satu dampak perundungan bagi korban yang tak boleh diremehkan.

Pasalnya, korban perundungan sering kali mengalami stres berkepanjangan yang bisa menyebabkan hyperarousal, yaitu kondisi ketika tubuh menjadi sangat waspada sehingga mengganggu keseimbangan siklus tidur dan terjaga.

3. Penurunan Prestasi

Anak yang mengalami perundungan biasanya akan kesulitan untuk memusatkan fokus dan konsentrasinya saat sedang belajar.

Korban perundungan juga kerap merasa enggan untuk pergi ke sekolah karena ingin menghindari tindakan penindasan yang dialaminya. Bila dibiarkan terus-menerus, kondisi tersebut bisa berdampak pada penurunan prestasi akademik anak.

4. Trust Issue

Trust issue merupakan kondisi ketika seseorang sulit memercayai orang-orang yang ada di sekitarnya. Kondisi ini rentan dialami oleh korban perundungan karena mereka khawatir akan mendapatkan perlakuan buruk kembali bila menaruh kepercayaan terhadap orang lain.

Baca Juga: Kumpulan Contoh Soal TKP CPNS Lengkap dengan Kunci Jawaban

Demikian penjelasan mengenai dampak pelaporan perundungan dan dampaknya bagi korban. Kasus perundungan harus diusut tuntas agar pelakunya merasa jera. (Umi)

https://kumparan.com/berita-terkini/apa-dampak-dari-pelaporan-kasus-perundungan-ini-jawabannya-2201bRUUFdq

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations