Apa Peran Indonesia dalam Bidang Ekonomi di ASEAN? Ini 5 Peran Pentingnya
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi apa peran indonesia dalam bidang ekonomi di asean - Sumber: pixabay.com/nguyenthuantien
Ilustrasi apa peran indonesia dalam bidang ekonomi di asean - Sumber: pixabay.com/nguyenthuantien

Apa peran Indonesia dalam bidang ekonomi di ASEAN? Selain sebagai pemrakarsa berdirinya ASEAN, Indonesia juga berperan penting dalam berbagai bidang kegiatan organisasi tersebut. Mulai dari politik, keamanan, sampai dengan ekonomi.

Melalui partisipasi aktifnya dalam berbagai forum ekonomi ASEAN dan kerja sama regional, Indonesia berperan dalam membentuk kebijakan ekonomi ASEAN. Termasuk juga mendukung integrasi ekonomi dan memajukan kesejahteraan ekonomi bersama.

Memahami Apa Peran Indonesia dalam Bidang Ekonomi di ASEAN

Ilustrasi apa peran indonesia dalam bidang ekonomi di asean - Sumber: pixabay.com/652234
Ilustrasi apa peran indonesia dalam bidang ekonomi di asean - Sumber: pixabay.com/652234

Berdasarkan buku Membangun Ekonomi Nasional yang Kokoh, Ahmad Juanda, dkk, (2019), salah satu tujuan utama ASEAN adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Tenggara. Caranya adalah melalui kerja sama ekonomi.

Bersama dengan kegiatan tersebut, negara-negara anggota berupaya untuk menciptakan kondisi yang mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Lantas, apa peran Indonesia dalam bidang ekonomi di ASEAN?

Sebagai negara dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang berkembang, Indonesia memiliki beberapa peran penting di bidang ekonomi ASEAN, seperti berikut.

1. Mendukung Integrasi Ekonomi Melalui MEA

Indonesia mendukung pembentukan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), yang merupakan salah satu inisiatif integrasi ekonomi di kawasan Asia Tenggara. MEA diperkenalkan dalam KTT ASEAN ke-9 pada tahun 2003 dengan dorongan dan masukan dari Indonesia.

MEA bertujuan untuk menciptakan sistem perdagangan bebas di antara negara-negara anggota ASEAN. Dengan hadirnya MEA, aktivitas ekonomi di Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya diharapkan akan mengalami perkembangan yang lebih pesat.

2. Berperan dalam Lumbung Padi ASEAN

Berperan dalam penyedia stok beras ASEAN, Thailand dan Vietnam di Asia Tenggara dikenal sebagai produsen utama beras. Selain keduanya, Indonesia juga berperan dalam menyediakan cadangan beras dalam situasi darurat.

Tujuan dari pembangunan lumbung padi ASEAN ini adalah untuk memastikan kecukupan pasokan beras bagi semua anggotanya. Melalui perluasan, penguatan, dan pemastian keberlanjutan kerja sama lintas negara.

3. Menyediakan Pasar yang Besar

Dengan populasi lebih dari 270 juta orang, Indonesia menyediakan pasar yang besar bagi produk dan investasi dari negara-negara lain di ASEAN. Hal ini membuat Indonesia menjadi destinasi investasi yang menarik bagi perusahaan-perusahaan asing.

4. Membantu Pengembangan Infrastruktur

Indonesia terus melakukan investasi dalam pengembangan infrastruktur, seperti pembangunan jalan, pelabuhan, bandara, dan lain-lain. Infrastruktur yang baik akan meningkatkan konektivitas antar-negara ASEAN dan memperkuat integrasi ekonomi.

5. Sebagai Jalur Perdagangan

Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) merupakan ciri unik dari negara kepulauan Indonesia. ALKI adalah rute pelayaran di perairan Indonesia untuk dilalui oleh kapal-kapal internasional. Keberadaan ALKI di wilayah Indonesia menjadikan jalur perdagangan kapal niaga di kawasan ASEAN lebih strategis.

Baca Juga: Peran Indonesia dalam Penegakan HAM di ASEAN

Jadi, bila ditanya apa peran Indonesia dalam bidang ekonomi di ASEAN, Indonesia memegang peran yang sangat penting. Tepatnya dalam menciptakan kawasan ekonomi yang lebih terintegrasi dan lebih berdaya saing secara global. (DNR)

https://kumparan.com/berita-terkini/apa-peran-indonesia-dalam-bidang-ekonomi-di-asean-ini-5-peran-pentingnya-228z29992BU

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations