Apa Saka yang Bergerak dalam Bidang Pertanian? Inilah Penjelasannya
Oleh Berita Terkini
Ilsutrasi Apa Saka yang Bergerak dalam Bidang Pertanian. Sumber: Unsplash/septian akbar
Ilsutrasi Apa Saka yang Bergerak dalam Bidang Pertanian. Sumber: Unsplash/septian akbar

Satuan Karya (Saka) Pramuka merupakan wadah pendidikan yang bertujuan untuk mempertemukan minat, bakat dan pengalaman Pramuka dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Lalu apa Saka yang bergerak dalam bidang pertanian?

Tujuan dibentuknya saka dalam Pramuka adalah untuk mewujudkan kader penerus perjuangan bangsa dan pembangunan nasional. Ada banyak Saka dalam Gerakan Pramuka.

Apa Saka yang Bergerak dalam Bidang Pertanian?

Ilustrasi Apa Saka yang Bergerak dalam Bidang Pertanian. Sumber: Unsplash/Mufid Majnun
Ilustrasi Apa Saka yang Bergerak dalam Bidang Pertanian. Sumber: Unsplash/Mufid Majnun

Kegiatan kesakaan dilaksanakan di gugus depan. Satuan karya Pramuka disesuaikan dengan usia serta kemampuan jasmani dan rohani peserta didik.

Ada banyak Saka di dalam gerakan Pramuka, mulai dari yang bergerak di bidang kebaharian, kedirgantaraan, kesehatan, kehutanan, pertanian, dan lain-lain. Masing-masing Saka memiliki nama sendiri-sendiri.

Apa Saka yang bergerak dalam bidang pertanian? Dikutip dari buku Buku Saku Pandu Bermutu, Rumisih, M.Pd., (2022:250), saka yang bergerak dalam bidang pertanian adalah Saka Taruna Bumi.

Saka Taruna Bumi merupakan wadah Pramuka yang dirancang untuk meningkatkan dan mengembangkan kepemimpinan, pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan kemampuan anggotanya agar dapat melakukan kegiatan yang sejati, produktif dan bermanfaat dalam mendukung kegiatan pembangunan pertanian.

Tujuan utama berdirinya Saka Taruna Bumi adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Mereka juga diharapkan bisa menjadikan pertanian sebagai roda produktivitas masyarakat untuk kesejahteraan keluarga.

Selain itu, tujuan pembentukan dan pengembangan Saka Taruna Bumi adalah untuk mewujudkan generasi muda yang cinta pertanian. Caranya adalah dengan menyediakan wadah pendidikan luar sekolah di bidang pertanian bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega serta peminat/calon anggota Gerakan Pramuka.

Saka Tarunabumi bergerak di sektor pertanian dan memiliki lima Krida yang memberikan kesempatan kepada anggotanya untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan mereka. Lima Krida terdiri dari:

  1. Tanaman pangan

  2. Perikanan

  3. Peternakan

  4. Perkebunan

  5. Hortikultura

Syarat Menjadi Anggota Saka Taruna Bumi

Ilustrasi Apa Saka yang Bergerak dalam Bidang Pertanian. Sumber: Pixabay: sasint
Ilustrasi Apa Saka yang Bergerak dalam Bidang Pertanian. Sumber: Pixabay: sasint

Anggota Saka Taruna Bumi adalah Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Pamong Saka, Instruktur Saka, Pimpinan Saka dan Mabi Saka Pemuda calon anggota Gerakan Pramuka yang berusia 16-25 tahun.

Syarat menjadi Anggota Saka Taruna Bumi yaitu:

  1. Menyatakan keinginan untuk menjadi sukarelawan anggota Saka Taruna Bumi.

  2. Bagi pemuda yang belum menjadi anggota Gerakan Pramuka harus dengan sepengetahuan orang tua/walinya, dan bersedia menjadi anggota Gugus depan Pramuka terdekat.

  3. Bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega berusia 16-25 tahun diharapkan menyerahkan izin tertulis dari Pembina Satuan dan Pembina Gugus depan dan tetap menjadi anggota Gugus depan.

  4. Bagi Pamong Saka mendapat persetujuan dari Pembina Gugus depan dan telah mengikuti sedikitnya Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar

  5. Bagi Instruktur Saka, memiliki pengetahuan, keterampilan dan kecakapan di bidang pertanian serta bersedia memberikan ilmunya kepada anggota Saka.

  6. Sehat jasmani dan rohani serta dengan suka rela sanggup mentaati segala ketentuan yang berlaku di dalam Saka Taruna Bumi

Baca Juga: Pengertian Istilah Pramuka, Kepramukaan, dan Gerakan Pramuka

Demikian ulasan mengenai apa Saka yang bergerak dalam bidang pertanian. Terbentuknya Saka Taruna Bumi pada setiap Kwarcab atau Kwarran berdasarkan atas kebutuhan dan minat dari anggota Penegak dan Pandega.(glg)

https://kumparan.com/berita-terkini/apa-saka-yang-bergerak-dalam-bidang-pertanian-inilah-penjelasannya-21bI8ocBPM3

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations