Apa yang Dimaksud dengan Industri Tanpa Cerobong Asap? Ini dia Jawabannya
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi apa yang dimaksud dengan industri tanpa cerobong asap? Foto: Unsplash/David Vives
Ilustrasi apa yang dimaksud dengan industri tanpa cerobong asap? Foto: Unsplash/David Vives

Dunia industri memiliki jenis yang sangat banyak, salah satunya adalah industri tanpa cerobong asap. Mungkin banyak orang yang bertanya apa yang dimasud dengan industri tanpa cerobong asap.

Istilah ini terbilang jarang terdengar. Namun, dari istilahnya bisa disimpulkan bahwa industri ini tidak bergerak di bidang produksi yang bisa menghasilkan polusi.

Apa yang Dimaksud dengan Industri Tanpa Cerobong Asap?

Ilustrasi apa yang dimaksud dengan industri tanpa cerobong asap? Foto: Unsplash/Leo
Ilustrasi apa yang dimaksud dengan industri tanpa cerobong asap? Foto: Unsplash/Leo

Menurut Dr. M. Liga Suryadana, M.Si. dalam buku Sosiologi Pariwisata (2013), industri tanpa cerobong asap adalah sebutan untuk industri pariwisata. Hal ini karena industri pariwisata idak membuat dan memproduksi polusi.

Industri pariwisata berbeda dengan industri lainnya yang banyak menimbulkan asap yang bisa menyebabkan polusi. Terlebih, industri yang berhubungan dengan produksi yang membutuhkan tenaga dan banyak yang menggunakan fosil untuk menjalankan industri tersebut.

Jenis-Jenis Industri Tanpa Cerobong Asap

Ilustrasi jenis-jenis industri tanpa cerobong asap. Foto: Unsplash/Artem Beliaikin
Ilustrasi jenis-jenis industri tanpa cerobong asap. Foto: Unsplash/Artem Beliaikin

Dikutip dari buku Perilaku Organisasi Menuju Orientasi Pemberdayaan (2016), jenis-jenis industri pariwisata terdiri dari beberapa macam, yakni sebagai berikut:

Wisata Budaya

Wisata budaya adalah perjalanan yang dilakukan atas dasar keinginan untuk memperluas pandangan hidup seseorang dengan mengadakan kunjungan atau peninjauan ke tempat lain atau keluar negeri.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui keadaan masyarakat di suatu daerah, mengetahui kebiasaan atau adat istiadat, cara hidup, serta mempelajari budaya dan keseniannya.

Wisata Bahari

Wisata yang satu ini merupakan jenis wisata yang banyak dikaitkan dengan kegiatan olahraga di air, di danau, pantai, teluk, atau laut seperti memancing, berlayar, menyelam dan lain sebagainya.

Wisata Cagar Alam

Wisata cagar alam yaitu wisata yang biasanya diselenggarakan oleh agen atau biro perjalanan yang mengkhususkan ke tempat seperti cagar alam, taman lindung, hutan daerah pegunungan dan sebagainya yang kelestariannya dilindungi oleh undang-undang.

Wisata Olahraga

Wisata ini merupakan wisata yang melakukan perjalanan dengan tujuan untuk berolahraga atau kegiatan aktif dalam pesta olahraga di suatu tempat.

Wisata Komersial

Wisata komersial yaitu perjalanan wisatawan untuk mengunjungi pameran atau pekan raya yang bersifat komersial.

Wisata Industri

Wisata industri adalah perjalanan wisata yang dilakukan sekelompok wisatawan seperti mahasiswa atau pelajar ke suatu tempat industri guna penelitian.

Wisata Kesehatan

Wisata kesehatan merupakan perjalanan wisata yang bertujuan untuk beristirahat secara jasmani dan rohani.

Baca Juga: Pengertian Industri Pariwisata dan Jenis-jenisnya

Nah, sekarang sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan industri tanpa cerobong asap bukan? Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan tidak lagi kebingungan saat menemui istilah yang satu ini.(MZM)

https://kumparan.com/berita-terkini/apa-yang-dimaksud-dengan-industri-tanpa-cerobong-asap-ini-dia-jawabannya-21GjTQ1nJln

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations