Apa yang Dimaksud dengan Tema dalam Puisi?
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi apa yang dimaksud dengan tema dalam puisi? - Sumber: Unsplash/Thought Catalog
Ilustrasi apa yang dimaksud dengan tema dalam puisi? - Sumber: Unsplash/Thought Catalog

Apa yang dimaksud dengan tema dalam puisi? Pertanyaan ini mungkin akan muncul dalam soal tentang analisis dan apresiasi karya sastra puisi.

Dalam setiap penciptaan karya, termasuk puisi, pasti ada tema yang sedang disampaikan oleh penciptanya. Oleh karena itu, memahami apa itu tema dalam sebuah karya sastra dan seni adalah hal yang penting.

Mengenal Apa yang Dimaksud Tema dalam Puisi

Ilustrasi apa yang dimaksud dengan tema dalam puisi? - Sumber: Unsplash/Fernando Hernandez
Ilustrasi apa yang dimaksud dengan tema dalam puisi? - Sumber: Unsplash/Fernando Hernandez

Berdasarkan KBBI daring, salah satu pengertian dari puisi adalah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait.

Sementara itu, mengutip buku Strategi Ampuh Memahami Makna Puisi: Teori Semiotika Michael Riffaterre dan Penerapannya, Kodrat Eko Putro Setiawan dan Andayani (2019), pengertian puisi adalah ragam karya sastra yang di dalamnya terdapat peristiwa kebahasaan yang tersaring dengan murni untuk mengekspresikan kepribadian dalam bentuk yang tepat dan selaras dengan watak yang diungkapkannya.

Berdasarkan rentang waku dan cirinya, puisi terbagi dalam tiga kategori sebagai berikut:

  • Puisi lama, yakni puisi yang dihasilkan sebelum abad ke-20 serta memiliki sejumlah aturan dan bermakna yang sering digunakan saat upacara adat.

  • Puisi baru, yakni karya sastra berisi ungkapan perasaan dan pikiran dengan menggunakan bahasa yang memperhatikan irama, penyusunan lirik, dan makna.

  • Puisi kontemporer, yakni puisi yang selalu berusaha menyesuaikan perkembangan zaman atau keluar dari ikatan konvensional.

Dalam menciptakan puisi, seorang penyair pasti memiliki sebuah tema. Apa yang dimaksud dengan tema dalam puisi?

Berdasarkan KBBI daring, tema adalah pokok pikiran; dasar cerita (yang dipercakapkan, dipakai sebagai dasar mengarang, menggubah sajak, dan sebagainya). Jadi, tema dalam puisi adalah gagasan pokok yang mendasari sebuah puisi tercipta.

Gagasan pokok ini nanti akan berkembang melalui penjelasan-penjelasan dan hubungan dalam setiap kata maupun larik puisi tersebut. Tema puisi ini adalah sebagai landasan atau jangkar penyair dalam membuat karyanya.

Oleh karena itu, apabila hendak menulis puisi, penyair harus menentukan tema terlebih dahulu. Apabila tema telah ditetapkan, menulis puisi pun menjadi lebih lancar.

Baca juga: 6 Perbedaan antara Unsur Fisik dan Batin dalam Puisi

Jadi, jawaban untuk pertanyaan apa yang dimaksud dengan tema dalam puisi adalah gagasan pokok yang mendasari puisi tercipta. Tema puisi bisa digali dengan memiliki kepekaan terhadap apa yang ada di sekitar. (SASH)

https://kumparan.com/berita-terkini/apa-yang-dimaksud-dengan-tema-dalam-puisi-22nSkfIg5Bl

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations