Arsip Pabrik PT Semen Padang Ditetapkan Jadi MOWCAP oleh UNESCO
Arsip Pabrik PT Semen Padang Ditetapkan Jadi MOWCAP oleh UNESCO #newsupdate #update #news #text
Pabrik Indarung 1 Semen Padang ditetapkan oleh Unesco sebagai Memory Of The Word Asia Fasifik Foto: Dok. PT Semen Padang
Pabrik Indarung 1 Semen Padang ditetapkan oleh Unesco sebagai Memory Of The Word Asia Fasifik Foto: Dok. PT Semen Padang

Arsip Pabrik Indarung I PT Semen Padang ditetapkan sebagai Memory of the World Committee for Asia and the Pacific (MOWCAP) oleh UNESCO di Ulaanbaatar, Mongolia, Rabu (8/5). Arsip yang ditetapkan sebagai MOWCAP itu adalah yang tercatat dari tahun 1910-1972.

Sertifikat MOWCAP itu diserahkan langsung oleh Chair MOWCAP, Kwibae Kim. Hal itu diserahkan setelah presentasi PT Semen Padang sebagai nominator di hadapan sidang umum Regional MOWCAP.

Dirut PT Semen Padang, Indrieffouny Indra, mengaku bangga atas pencapaian itu. Ia menyatakan perusahaannya memang berkomitmen melestarikan sejarah Indarung I.

Sementara itu, Kepala Arsip Nasional Indonesia, Imam Gunanto, mengucapkan selamat. Menurutnya, pengakuan UNESCO ini jadi bukti kekayaan sejarah Indonesia.

Sebelum ini, ANRI memang telah menyebut Arsip PT Semen Padang ini melalui proses verifikasi untuk menerima penghargaan ini. Total ada 36 arsip yang dari tahun 1907 sampai 1972 yang diverifikasi.

Rinciannya, 10-20 lembar berkas yang berisikan tentang perencanaan pembangunan pabrik dari 1907 sampai dibangun pada tahun 1910, lalu terakhir berkas tahun 1973.

https://kumparan.com/kumparannews/arsip-pabrik-pt-semen-padang-ditetapkan-jadi-mowcap-oleh-unesco-22hY4KqKju8

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations