AS Bakal Gelontorkan Miliaran Dolar untuk Subsidi Industri Cip hingga AI
Pemerintah Amerika Serikat (AS) yang dipimpin oleh Presiden Joe Biden menggelontorkan dana miliaran dolar kepada pembuat cip. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Ilustrasi Artificial Intelligence (AI). Foto: Shutterstock
Ilustrasi Artificial Intelligence (AI). Foto: Shutterstock

Pemerintah Amerika Serikat (AS) yang dipimpin oleh Presiden Joe Biden menggelontorkan dana miliaran dolar kepada pembuat cip di negara tersebut.

Mengutip Reuters, Minggu (28/1), perusahaan yang bakal mendapat subsidi salah satunya Intel (INTC.O) dan Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (2330.TW) untuk membantu membangun pabrik baru di Amerika Serikat.

"Pengumuman mendatang bertujuan untuk memulai produksi semikonduktor canggih yang menggerakkan ponsel pintar, kecerdasan buatan, dan sistem persenjataan," tulis Reuters dalam laporannya.

Lebih lanjut, para eksekutif memperkirakan beberapa pengumuman akan disampaikan sebelum pidato kenegaraan Biden pada 7 Maret.

Di antara kemungkinan penerima subsidi, Intel mempunyai proyek yang sedang berjalan di Arizona, Ohio, New Mexico, dan Oregon yang akan menelan biaya lebih dari USD 43,5 miliar. Di sisi lain, Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC) memiliki dua pabrik yang sedang dibangun di dekat Phoenix dengan total investasi sebesar USD 40 miliar.

Kemudian, ada juga Samsung Electronics dari Korea Selatan, yang juga merupakan pesaing, memiliki proyek senilai USD 17,3 miliar di Texas. Serta Teknologi Mikron (MU.O), Instrumen Texas (TXN.O), dan Global Foundries (GFS.O).

Sayangnya, Departemen Perdagangan AS menolak untuk membahas calon pelamar dan menolak mengomentari laporan waktu.

“Ini adalah proses berdasarkan prestasi dengan negosiasi komersial yang sulit, penghargaan CHIPS akan sepenuhnya bergantung pada proyek mana yang akan memajukan ekonomi AS dan keamanan nasional,” kata juru bicara departemen tersebut kepada Reuters.

TSMC menolak berkomentar sementara Intel tidak menanggapi permintaan tersebut.

Pada bulan Desember tahun lalu, Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo mengatakan dia akan memberikan sekitar selusin penghargaan pendanaan untuk chip semikonduktor pada tahun depan. Termasuk pengumuman bernilai miliaran dolar yang secara drastis dapat membentuk kembali produksi cip AS.

Penghargaan pertama diumumkan pada bulan Desember, senilai lebih dari USD 35 juta kepada BAE Systems (BAES.L) fasilitas di Hampshire untuk memproduksi chip untuk pesawat tempur, bagian dari program subsidi "Chips for America" ​​senilai USD 39 miliar yang disetujui oleh Kongres AS pada tahun 2022.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/as-bakal-gelontorkan-miliaran-dolar-untuk-subsidi-industri-cip-hingga-ai-223PsfWrYRM

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations