ASDP Targetkan Angkut 27,9 Juta Penumpang di Semester II 2023
ASD targetkan 27,9 juta orang penumpang di semester II 2023, dengan total pendapatan secara keseluruhan 2023 mencapai Rp 5,6 triliun. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Hotel Meruorah Komodo Labuan Bajo milik PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).  Foto: Dok. ASDP
Hotel Meruorah Komodo Labuan Bajo milik PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). Foto: Dok. ASDP

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menargetkan bisa mengangkut 27,9 juta orang penumpang di semester kedua tahun ini. Adapun hingga akhir 2023, ASDP menargetkan bisa melayani sebanyak 51 juta orang penumpang; 6,5 juta unit kendaraan roda 2 dan 3; 6,6 juta kendaraan roda 4; dan total barang yang diangkut sebanyak 1,9 juta ton.

Hingga semester I 2023, ASDP mencatat melayani 23,1 juta penumpang, 4,38 juta kendaraan di seluruh Indonesia, serta 867.856 ton barang.

"Dan untuk tahun 2023 ini, ASDP membidik total pendapatan sebesar Rp 5,6 triliun dengan capaian laba bersih sekitar Rp 700 miliar," ujar Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi dalam keterangannya, Senin (18/9).

Ira menjelaskan, manajemen optimistis bisnis penyeberangan bertumbuh baik hingga akhir tahun ini. Menurutnya, ASDP juga konsisten melayani penumpang, khususnya bagi sektor logistik yang menjadi penopang kinerja perusahaan.

"Total produksi kendaraan pada semester I 2023 mengalami kenaikan sebesar 6 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya," tuturnya.

Dari angka produksi tersebut pada periode Januari – Juni 2023, ASDP membukukan pendapatan konsolidasi sebesar Rp 2,36 triliun atau meningkat 16 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya dan mencetak laba sebesar Rp 311 miliar.

Pascapandemi, ASDP melakukan efisiensi dan memprioritaskan program yang mendatangkan profit. Menurut Ira, manajemen melakukan pembenahan operasional dan perbaikan bisnis, salah satunya melalui digitalisasi layanan.

Menurutnya, ada tiga pencapaian manajemen yang telah dilalui ASDP dalam kurun waktu empat tahun ini. Pertama, perkembangan infrastruktur yang semakin mengedepankan kenyamanan pelanggan.

Kedua, mengakselerasi online ticketing di seluruh cabang layanan.

Ketiga, manajemen meningkatkan kualitas pelayanan. "ASDP selalu melakukan evaluasi berjangka untuk memastikan aspirasi pelanggan dapat terpenuhi. Tentu saja dengan memastikan aspirasi ini untuk kebaikan bersama," pungkasnya.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/asdp-targetkan-angkut-27-9-juta-penumpang-di-semester-ii-2023-21DAgiQw1G2

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations