Bagaimana Membuat Puisi dan Cerita Fantasi yang Menarik? Ini Penjelasannya
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Membuat Puisi dan Cerita Fantasi yang Menarik. Foto: dok. Unsplash/Blaz Photo
Ilustrasi Membuat Puisi dan Cerita Fantasi yang Menarik. Foto: dok. Unsplash/Blaz Photo

Bagaimana membuat puisi dan cerita fantasi yang menarik? Pertanyaan tersebut banyak dibahas dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya dalam materi menulis puisi dan cerita fantasi.

Kedua jenis karya sastra tersebut memiliki ciri khas masing-masing sehingga membuat pembacanya merasa tertarik. Ciri khas dari puisi dan cerita fantasi dapat dilihat dari segi gaya bahasa, alur cerita, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Puisi dan Cerita Fantasi yang Menarik

Ilustrasi Membuat Puisi dan Cerita Fantasi yang Menarik. Foto: dok. Unsplash/Clay Banks
Ilustrasi Membuat Puisi dan Cerita Fantasi yang Menarik. Foto: dok. Unsplash/Clay Banks

Mengutip buku berjudul Seni Mengenal Puisi, Agnes Pitaloka dan Amelia Sundari (2020: 9), puisi secara umum merupakan suatu karya sastra yang berasal dari ungkapan atau curahan hati penulis.

Puisi juga dapat dikatakan sebagai bentuk ekspresi diri yang menggambarkan keesahan, imajinasi, kritik, pemikiran, pengalaman, kesenangan ataupun nasehat seseorang. Puisi umumnya disusun atas bahasa yang indah dan padat makna.

Agar puisi yang dibuat terlihat menarik, penulis perlu menggunakan tema yang menarik bagi pembaca, menggunakan gaya bahasa yang sesuai, serta membuat puisi dengan larik isi yang menarik.

Berbeda dengan puisi, cerita fantasi tidak membutuhkan larik khusus untuk mengemasnya agar menjadi terlihat lebih menarik. Hal ini karena cerita fantasi memiliki fokus utama pada alur cerita yang unik sebab umumnya cerita fantasi berisi karangan luar biasa atau tidak nyata.

Mengutip buku berjudul Filosofi, Teori, dan Konsep Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Dasar, Dr. Ali Mustadi, M.Pd, M. Habibi, M.Pd., Puguh Ardianto Iskandar, M.Pd. (2021: 171), cerita fantasi adalah karya sastra yang berisi cerita tentang fantasi atau tidak nyata.

Baik karakter dalam cerita maupun latar waktu dan lokasi yang ada dalam cerita fantasi umumnya hanya ada di dunia lain atau di alam yang tidak nyata.

Untuk membuat cerita fantasi menjadi lebih menarik, penulis dapat menentukan tema yang unik dan luar biasa. Dengan tema yang unik dan berbeda, pembaca akan tertarik untuk membaca keseluruhan isi cerita fantasi yang dibuat.

Selain pemilihan tema, penulis juga perlu menentukan tokoh dalam cerita yang dapat membuat cerita lebih hidup dan terkesan menarik. Tak hanya itu, penulis juga perlu menentukan alur serta latar cerita yang unik.

Baca juga: Puisi Lama Merupakan Puisi yang Terikat Aturan, Apa Maksudnya?

Demikian pembahasan mengenai cara bagaimana membuat puisi dan cerita fantasi yang menarik. Dengan mempelajari caranya, penulis dapat menyusun puisi dan cerita fantasi yang berbeda dan banyak diminati pembaca. (DAP)

https://kumparan.com/berita-terkini/bagaimana-membuat-puisi-dan-cerita-fantasi-yang-menarik-ini-penjelasannya-2149eZfJpRl

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations