Bank Indonesia Catat 2,1 Juta Warga Jateng Gunakan Qris, Transaksi Capai Rp 1 T
Bank Indonesia mencatat 2,1 juta warga di Jawa Tengah telah menggunakan Qris untuk bertransaksi. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah Rahmat Dwisaputra. Foto: Dok. BI Jateng
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah Rahmat Dwisaputra. Foto: Dok. BI Jateng

Bank Indonesia (BI) mencatat 2,1 juta warga di Jawa Tengah telah menggunakan Qris untuk bertransaksi. Nilai perputarannya pun fantastis sekitar Rp 1 triliun rupiah per 2023.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah Rahmat Dwisaputra mengatakan, jumlah pengguna Qris di Jawa Tengah terus meningkat. Hal itu sejalan dengan sosialisasi yang digerakkan oleh Bank Indonesia.

"Pengguna Qris di Jawa Tengah sudah mencapai 2,1 Juta year to date-nya Nilai perputaran hampir 1 triliun, karena Qris kita pasang hampir di semua pasar di Semarang, lalu kota/kabupaten lain juga kita pasang. Bahkan di pekerja pabrik juga kita pasang Qris," ujar Rahmat kepada wartawan, Jumat (8/12/2023).

Rahmat menyebut, pihaknya juga tengah menggencarkan pemakaian Qris di tempat wisata. Salah satunya, melalui kolaborasi kegiatan pariwisata dengan program Eduwisata Rupiah.

"Kami ikut dalam pengembangan pariwisata di Jawa Tengah melalui kolaborasi kegiatan pariwisata dengan program Eduwisata Rupiah. Program tersebut menggabungkan konsep edukasi tentang Rupiah dengan Pariwisata Borobudur yang merupakan Destinasi Pariwisata Super Prioritas di Indonesia," jelas dia.

Salah satu program itu, yakni sosialisasi kepada pelaku usaha pariwisata di Wilayah Candi Borobudur. Sehingga, pengguna Qris akan semakin luas.

"Kita juga sudah kerja sama dengan badan pengelola Borobudur untuk tiket masuk sudah kami lakukan. Kami juga buka corner di salah sudut Balkondes (Balai Ekonomi Desa). Kami juga lakukan menempelkan Qris di mobil-mobil VW Safari yang untuk berwisata keliling kawasan Borobudur," sebut dia.

Pihaknya akan terus bersinergi dengan pemerintah daerah dan bank umum untuk meningkatkan pemahaman Rupiah di masyarakat. Termasuk praktik scan QRIS demi menggeliatkan ekonomi masyarakat

"Untuk itu sinergi dengan bank Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) QRIS semakin diperlukan dalam menumbuhkan kebiasaan digital di masyarakat," kata Rahmat.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/bank-indonesia-catat-2-1-juta-warga-jateng-gunakan-qris-transaksi-capai-rp-1-t-21jD4lQsLyU

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations