Bank Indonesia Catat Kredit Perbankan Tumbuh 9,06 Persen di Agustus 2023
Bank Indonesia mengungkapkan kredit atau pembiayaan perbankan terus meningkat pada seluruh sektor ekonomi. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Bank Indonesia mengungkapkan kredit atau pembiayaan perbankan terus meningkat pada seluruh sektor ekonomi. Kredit perbankan pada Agustus 2023 tumbuh 9,06 persen secara tahunan atau year on year (yoy).

"Kredit perbankan meningkat dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 8,54 persen (yoy). Pertumbuhan kredit terutama ditopang oleh kinerja sektor Jasa Dunia Usaha, Perdagangan, dan Jasa Sosial," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers di Kantor Pusat BI, Kamis (21/9).

Perry bilang, pembiayaan syariah tumbuh mencapai 14,52 persen (yoy), sejalan dengan tumbuhnya kredit perbankan. Sementara itu, pertumbuhan kredit UMKM juga membaik mencapai 8,90 persen (yoy), terutama berasal dari segmen mikro.

Ke depan, Bank Indonesia terus memastikan kecukupan likuiditas perbankan, termasuk melalui kebijakan insentif likuiditas makroprudensial (KLM), untuk mendorong kredit dunia usaha.

Bank Indonesia juga terus memperkuat sinergi dengan pemerintah, perbankan, dan dunia usaha untuk mendorong peningkatan penyaluran kredit perbankan. Terutama pada sektor-sektor yang memiliki daya ungkit pada perekonomian nasional, yaitu sektor-sektor hilirisasi (minerba, pertanian, peternakan, dan perikanan), perumahan (termasuk perumahan rakyat), pariwisata, inklusif (termasuk UMKM dan KUR), ultra mikro (UMi), serta ekonomi hijau.

"Kami optimis pertumbuhan kredit perbankan di 2023 berada di kisaran 9 hingga 11 persen," tandasnya.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/bank-indonesia-catat-kredit-perbankan-tumbuh-9-06-persen-di-agustus-2023-21EQFDcXoTX

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations