Bank Indonesia Pede Kurs Rupiah terhadap Dolar AS Akan Kembali Menguat
Bank Indonesia (BI) optimistis kurs rupiah terhadap dolar AS akan kembali stabil. #bisnis #update #bisnis #text
Konferensi pers hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Januari di Gedung BI, Kamis (19/1/2023). Foto: Ave Airiza Gunanto/kumparan
Konferensi pers hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Januari di Gedung BI, Kamis (19/1/2023). Foto: Ave Airiza Gunanto/kumparan

Bank Indonesia (BI) optimstis nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan kembali stabil. Hal ini didorong oleh berlanjutnya aliran masuk modal asing, didukung oleh kebijakan stabilisasi Bank Indonesia, serta penguatan strategi operasi moneter pro-market melalui optimalisasi instrumen SRBI, SVBI, dan SUVBI.

"Ke depan, nilai tukar rupiah diperkirakan stabil dengan kecenderungan menguat," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo saat rapat dewan gubernur di Gedung Thamrin BI, Jakarta, Rabu (21/2).

Berdasarkan data Bloomberg, nilai tukar rupiah hari ini pada pukul 14.53 WIB mencapai Rp 15.654 per dolar AS, menguat dibandingkan pada pukul 08.57 WIB berada di Rp 15. 660 atau melemah 29,00 poin (0,19 persen).

Pada Januari 2024, rupiah melemah 2,43 persen, namun kembali menguat pada 20 Februari 2024 sebesar 0,77 persen. Perry menjelaskan, penguatan nilai tukar rupiah didorong oleh kebijakan stabilisasi yang ditempuh Bank Indonesia, aliran masuk modal asing ke pasar keuangan domestik sejalan dengan persepsi positif investor terhadap prospek ekonomi yang tetap baik dengan stabilitas yang terjaga, serta imbal hasil aset keuangan domestik yang menarik.

Dengan perkembangan tersebut, nilai tukar rupiah hanya sedikit melemah 1,68 persen dari level akhir Desember 2023, lebih baik dibandingkan dengan pelemahan Won Korea, Ringgit Malaysia, dan Baht Thailand masing-masing sebesar 3,69 persen, 4,27 persen, dan 5,31 persen.

"Bank Indonesia terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah, perbankan, dan dunia usaha untuk mendukung implementasi instrumen penempatan valas Devisa Hasil Ekspor Sumber Daya Alam (DHE SDA) sejalan dengan PP Nomor 36 Tahun 2023," tambahnya.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/bank-indonesia-pede-kurs-rupiah-terhadap-dolar-as-akan-kembali-menguat-22CxEl0tYqS

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations