Beda dengan TNI, Polri Tetap Gunakan Istilah KKB Ketimbang OPM
Polri tetap akan menggunakan istilah KKB untuk kelompok separatis di Papua. #newsupdate #update #news #text
Markas anggota KKB pelaku penembakan pesawat Wings Air di Papua ditangkap. Foto: Dok. Istimewa
Markas anggota KKB pelaku penembakan pesawat Wings Air di Papua ditangkap. Foto: Dok. Istimewa

TNI kembali menggunakan istilah Operasi Papua Merdeka (OPM) untuk menyebut kelompok milisi di Papua. Istilah ini kembali digunakan setelah sebelumnya sempat diubah menjadi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau Kelompok Separatis Teroris (KST).

Lantas bagaimana dengan Polri?

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno menjelaskan, pihaknya sejauh ini masih menggunakan istilah KKB. Sebab, belum ada perintah untuk mengubah sebutan tersebut.

"Kami tetap menyebut KKB. Sampai hari ini belum ada perubahan penyebutan KKB dari pimpinan kami," kata Bayu saat dikonfirmasi, Kamis (11/4).

Perubahan penyebutan nama KKB/KST menjadi OPM tertuang dalam surat telegram Panglima TNI bernomor STR/41/2024 tertanggal 5 April 2024.

Dalam surat itu, disebutkan dasar perubahan nomenklatur tersebut karena perkembangan situasi di Papua dan serta pertimbangan pimpinan TNI.

Kemenko Polhukam saat itu menggunakan nama KKB dan KST karena pertimbangan bahwa hampir 92% masyarakat Papua pro terhadap pemerintah. Tersisa 8% orang yang tergabung dalam kelompok teroris tersebut.

Sehingga, pemerintah saat itu menilai penyelesaian kesejahteraan jadi dasar tindakan yang digunakan. Kala itu, Mahfud MD --Menko Polhukam saat itu-- meminta Polri, TNI, hingga BIN untuk melakukan tindakan tegas terukur menurut hukum yang berlaku di Indonesia.

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto sebelumnya menjelaskan, perubahan nomenklatur itu lantaran kelompok milisi di Papua menyebut dirinya sebagai TPNPB (Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat). Bagi dia, penggunaan identitas tersebut sama saja dengan OPM.

"Jadi dari mereka sendiri menamakan mereka adalah TPNPB, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat, sama dengan OPM," ungkap Agus kepada wartawan di Wisma Ahmad Yani, Jakpus, Rabu (10/4).

Agus menyebut, OPM telah melakukan penyerangan kepada warga sipil hingga TNI dengan menggunakan senjata. Oleh sebab itu, penindakan tegas perlu dilakukan.

https://kumparan.com/kumparannews/beda-dengan-tni-polri-tetap-gunakan-istilah-kkb-ketimbang-opm-22WhtZ3XABW

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations