Belanja di Vietnam Bakal Bisa Bayar Pakai QRIS
Bank Indonesia sedang menyiapkan kerja sama penggunaan QRIS di Vietnam. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Direktur Departemen Internasional BI, Iss Savitri Hafid di Telaga Sampireun, Senin (21/8).  Foto: Ave Airiza Gunanto/kumparan
Direktur Departemen Internasional BI, Iss Savitri Hafid di Telaga Sampireun, Senin (21/8). Foto: Ave Airiza Gunanto/kumparan

Belanja di Vietnam bakal bisa membayar menggunakan QRIS. Hal tersebut seiring upaya Bank Indonesia (BI) memperluas dan memperkuat kerja sama konektivitas pembayaran di kawasan ASEAN melalui Regional Payment Connectivity (RPC).

Direktur Departemen Internasional BI, Iss Savitri Hafid, mengungkapkan pihaknya akan segera melakukan kesepakatan kerja sama dengan Vietnam dalam gelaran Asean Finance Ministers and Central Bank Governors Meeting (AFMGM).

"Yang sudah siap itu Vietnam, mudah-mudahan sudah bisa signing tanggal 25 Agustus. Sebetulnya ada 2 negara yang mau signing, tapi yang sudah selesai prosesnya Vietnam," kata Iss di Talaga Sampireun (21/8).

Kesepakatan tersebut merupakan langkah awal untuk menjalin kerja sama terkait QRIS, Real Time Gross Statement (RTGS), Application Programming Interface (API), hingga data framework.

"Jadi ke depan kita sudah buat roadmap dari regional payment connectivity. Saya belum bisa spill di sini tapi roadmap ini akan memetakan 5 hingga 6 negara lainnya," terang Iss.

Pembeli membayar dengan metode scan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di warung KE Angkringan, Ampera, Jakarta, Jumat (30/7/2021). Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO
Pembeli membayar dengan metode scan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di warung KE Angkringan, Ampera, Jakarta, Jumat (30/7/2021). Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO

Tak hanya Vietnam, BI juga memperluas implementasi penggunaan QRIS ke Singapura hingga Korea Selatan (Korsel). Adapun hingga saat ini, QRIS baru bisa digunakan di Thailand dan Malaysia.

Deputi Gubernur BI, Filianingsih Hendarta, menjelaskan dalam menerapkan QRIS di luar negeri, BI perlu melalui beberapa tahapan, mulai dari pengembangan teknis hingga user acceptance.

"Singapura, saat ini sudah pengembangan dari sisi teknis. Kita lakukan secara bertahap, saat ini tiga dari empat switching Indonesia dan Singapura sudah menyelesaikan user acceptance test," kata Fili dalam konferensi pers di Kantor Pusat BI, Kamis (25/5).

"Jadi mereka sudah saling mencoba dan terhubung, mudah-mudahan sebelum akhir tahun sudah bisa implementasi," imbuhnya.

Proses implementasi QRIS di luar negeri dilakukan melalui diskusi antar bank sentral. Setelah sepakat, pembicaraan lanjut pada tingkat penyelenggara jasa pembayaran (PJP) dan baru dapat melakukan uji coba sebelum implementasi.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/belanja-di-vietnam-bakal-bisa-bayar-pakai-qris-2129sxb7QfN

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations