Berapa Ukuran Bendera Gugus Depan? Cari Tahu Jawabannya di Sini
Oleh Berita Terkini
Berapa ukuran bendera gugus depan. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/asar media
Berapa ukuran bendera gugus depan. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/asar media

Berapa ukuran bendera gugus depan? Gugus depan merupakan pangkalan keanggotaan dan wadah untuk menghimpun dan membina peserta didik sesuai golongan usia dan jenis kelamin.

Dikutip dari buku Jati Diri Pramuka Indonesia, Rizky (2012: 19), anggota putra dan putri dihimpun dalam gugus depan yang terpisah. Salah satu kelengkapan dari gugus ini adalah dengan adanya sebuah bendera sebagai lambang.

Berapa Ukuran Bendera Gugus Depan?

Berapa ukuran bendera gugus depan. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Maël BALLAND
Berapa ukuran bendera gugus depan. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Maël BALLAND

Gugus depan atau Gudep adalah merupakan wadah untuk menghimpun anggota Gerakan Pramuka sebagai peserta didik dan pembina Pramuka. Serta berfungsi sebagai pangkalan keanggotaan peserta didik.

Anggota Gerakan Pramuka yang berkedudukan sebagai peserta didik, pembina Pramuka dan anggota majelis pembimbing gugus depan (Mabigus) dihimpun dalam gudep. Gudep dapat dibentuk di Lembaga pendidikan umum seperti sekolah dan Perguruan Tinggi.

Selain itu, gudep juga dapat dibentuk di Lembaga pendidikan keagamaan seperti pesantren dan gereja, Rukun Warga atau Rukun Tetangga, dan Perwakilan RI di luar negeri.

Lantas, berapa ukuran bendera gugus depan? Dalam Anggaran Dasar pada Bab VII pasal 50, bendera Gerakan Pramuka berbentuk empat persegi panjang, berukuran tiga banding dua, warna dasar putih. Dengan lambang Gerakan Pramuka di tengah berwarna merah.

Di atas dan di bawah lambang Gerakan Pramuka terdapat garis merah sepanjang “panjang bendera” dan di sisi tiang terdapat garis merah sepanjang “lebar bendera”. Hal ini juga dipertegas kembali dalam Anggaran Rumah Tangga pasal 123.

Pada bagian atas dan bawah bendera terdapat garis merah dengan ukuran lebar 1/10 dari lebar bendera. Letaknya 1/10 dari lebar bendera sisi atas dan sisi bawah.

Pada bagian tepi tempat tali bendera, terdapat garis merah sepanjang lebar bendera dengan ukuran 1/8 dari panjang bendera. Dengan tulisan nama kwartir untuk bendera kwartir dan nomor gugus depan untuk bendera gugus depan.

Baca juga: 6 Kewajiban yang Terkandung di dalam Tri Satya Pramuka

Itulah jawaban atas pertanyaan, "Berapa ukuran bendera gugus depan?". Gudep dibentuk dengan tujuan untuk membina dan mengembangkan sumber daya generasi muda melalui kepramukaan agar menjadi warga negara yang berkualitas. (Gin)

https://kumparan.com/berita-terkini/berapa-ukuran-bendera-gugus-depan-cari-tahu-jawabannya-di-sini-21bkiMKDY3n

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations