Berita Populer: Ketat Tes Pramugari Kereta Cepat; Luhut Bakal Pensiun
Ketatnya seleksi menjadi pramugari kereta cepat Whoosh jadi salah satu berita populer kali ini. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Petugas melintas saat uji coba operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Jakarta, Jumat (15/9/2023). Foto: Raisan Al Farisi/ANTARA FOTO
Petugas melintas saat uji coba operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Jakarta, Jumat (15/9/2023). Foto: Raisan Al Farisi/ANTARA FOTO

Seleksi lowongan posisi pramugari Kereta Cepat Whoosh sangat ketat. Dari 6.000 pelamar hanya diterima 12 orang. Ini menjadi berita paling banyak dibaca pada Jumat (29/9).

Selain itu ada berita Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang akan pensiun jadi menteri tahun depan. Berikut rangkuman berita populer di kumparanBisnis.

Ketat Tes Pramugari Kereta Cepat

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) membuka lowongan kerja posisi pramugari untuk kereta cepat Whoosh. Dari 6.000 pelamar hanya diterima 12 orang.

General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa, menjelaskan salah satu persyaratan bagi calon pramugari Kereta Cepat Whoosh, adalah harus bisa berbahasa China atau Mandarin. Karenanya, lanjut Eva, ada kewajiban pelatihan bahasa Mandarin agar para pramugari tidak terkendala bahasa saat bekerja.

"Ya betul. Terkait pelatihan bahasa memang dilakukan agar mereka dapat berkomunikasi juga dengan tenaga ahli dari Tiongkok, karena sementara proses transfer knowledge dilakukan untuk pengoperasian masih dilakukan oleh tenaga ahli Tiongkok," jelasnya kepada kumparan, Kamis (28/9).

Proyek Kereta Cepat Whoosh memang hasil kerja sama Indonesia melalui sejumlah BUMN khususnya PT KAI dengan China. Meski demikian, Eva memastikan, seluruh pramugari Kereta Cepat Whoosh adalah Tenaga Kerja Indonesia (TKI), bukan Tenaga Kerja Asing (TKA).

"Setelah proses transfer knowledge [dari tenaga ahli China] selesai dan TKI sudah memiliki kemampuan, maka akan diambil alih seluruhnya operasional oleh tenaga ahli yang sudah terbentuk dari Indonesia," ujarnya.

Luhut Bakal Pensiun

Menko Maritim Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bakal pensiun, tidak lagi menjadi menteri pada periode pemerintah selanjutnya.

"Saya pikir cukuplah sampai Oktober tahun depan. Saya pikir saya sudah berumur 77 tahun," kata Luhut dalam Perayaan Ulang Tahunnya ke-76 di Sopo Del Tower, dikutip Jumat (29/9).

"Kita harus tahu kapan waktunya mulai, kapan waktunya berhenti," imbuhnya.

Luhut melanjutkan dirinya tidak akan mau menerima jabatan menteri atau setingkat menteri di tahun depan. Dia menilai banyak anak muda yang potensial untuk bekerja sebagai menteri dibanding dirinya.

"Kalau saya diminta pendapat-pendapat saya membantu setelah itu, ya saya masih bersedia. Tapi kalau jadi pejabat setingkat menteri, saya kira sudah cukup. Banyak yang lebih baik, yang lebih muda-muda yang bisa berkarya lebih baik lagi ke depan," terangnya.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/berita-populer-ketat-tes-pramugari-kereta-cepat-luhut-bakal-pensiun-21Hp1uLVo4g

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations