BI Kena Keluhan dari DPR: Antrean Warga Tukar Uang Jangan Panjang
Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Doni Primanto Joewono mendapat keluhan dari Komisi XI DPR agar antrean masyarakat menukar uang di titik layanan penukaran uang tidak panjang. #bisnisupdate #update
Warga antre menukarkan uang baru pada mobil kas keliling Bank Indonesia (BI) di Pasar Koja Baru, Jakarta Utara, Rabu (13/4/2022). Foto: M Risyal Hidayat/ANTARA FOTO
Warga antre menukarkan uang baru pada mobil kas keliling Bank Indonesia (BI) di Pasar Koja Baru, Jakarta Utara, Rabu (13/4/2022). Foto: M Risyal Hidayat/ANTARA FOTO

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Doni Primanto Joewono mendapat keluhan dari Komisi XI DPR agar antrean masyarakat menukar uang di titik layanan penukaran uang tidak panjang supaya tak menumpuk di jalanan.

“Kemarin ketemu komisi XI (DPR) ‘Tolong Pak Doni jangan sampai antrean (warga tukar uang) panjang di jalan, drive thru segala macam’,” ujar Doni dalam acara Kick-off Serambi 2024 di Gedung Bank Indonesia, Jumat (15/3).

BI menambahkan fitur digitalisasi penukaran melalui QR code pada Aplikasi PINTAR agar semakin mempermudah masyarakat dalam melakukan penukaran.

“Saya dorong PINTAR itu ada QR code plus ada jamnya, jadi jangan orang datang dari pagi sampai sore. Ini supaya mereka juga bisa tidak menumpuk di suatu tempat,” katanya.

Doni juga menyebut kantor perwakilan Bank Indonesia bisa mendapat penalti apabila masih banyak penukaran uang di jalanan. Sebab, ia meyakini tidak ada lagi penukaran uang di jalan dengan tersedianya 4.264 titik layanan kantor bank umum yang tersebar di seluruh Indonesia.

Bank Indonesia (BI) menggelar acara Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2024, Jumat (15/3/2024). Foto: Ghinaa Rahmatika/kumparan
Bank Indonesia (BI) menggelar acara Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2024, Jumat (15/3/2024). Foto: Ghinaa Rahmatika/kumparan

“Ini jadi catatan buat kami, nanti kantor perwakilan kalau masih banyak penukaran uang di jalan berarti kena penalti. Nah jadi kita pastikan jangan ada (penukaran) di jalanan,” tutur Doni.

Adapun jumlah penukaran uang rupiah maksimal Rp 4 juta per orang. Perputaran uang selama Ramadan dan Idul Fitri 2024 merupakan 25 persen dari total perputaran uang selama setahun.

“Ini momentum yang sangat tepat, apalagi menurut Kemenhub ada pergerakan 193 juta orang mudik, tentunya yang saya rasa harus kita antisipasi,” imbuh Doni.

BI juga menyediakan opsi layanan penukaran uang rupiah melalui layanan kas keliling di lokasi-lokasi strategis seperti pasar tradisional dan modern, dan Kas Keliling Susur Sungai di beberapa wilayah.

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, BI bersama perbankan akan menyediakan layanan penukaran terpadu pada 28 sampai 31 Maret 2024 di Istora Senayan.

Mulai tanggal 2 sampai 5 April 2024, BI menambah lokasi layanan penukaran di jalur mudik melalui Program BI Peduli Mudik, yaitu di rest area jalan tol dan hub transportasi seperti pelabuhan dan stasiun kereta.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/bi-kena-keluhan-dari-dpr-antrean-warga-tukar-uang-jangan-panjang-22M1W9tSXqb

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations