BI Tarik 3 Jenis Uang dari Peredaran Mulai Hari Ini: Tak Laku Lagi, Segera Tukar
Masyarakat masih bisa menukar 3 jenis uang rupiah yang ditarik Bank Indonesia dari peredaran itu, di bank atau Kantor BI. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Layanan penukaran uang tunai pecahan kecil oleh Bank Indonesia (BI) di Parkir Timur Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (9/4).  Foto: Alfadillah/kumparan
Layanan penukaran uang tunai pecahan kecil oleh Bank Indonesia (BI) di Parkir Timur Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (9/4). Foto: Alfadillah/kumparan

Bank Indonesia (BI) mencabut dan menarik tiga jenis uang rupiah dari peredaran. Ketiga jenis uang tersebut yakni koin logam pecahan Rp 500 Tahun Emisi (TE) 1991, Rp 1.000 TE 1993, dan Rp 500 TE 1997.

Direktur Eksekutif/Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono, menjelaskan pencabutan dan penarikan dari peredaran uang rupiah logam tersebut ditetapkan melalui Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.14 Tahun 2023, terhitung sejak 1 Desember 2023.

"Pencabutan dan penarikan uang rupiah logam tersebut dilakukan dengan pertimbangan antara lain, masa edar yang cukup lama dan perkembangan teknologi bahan/material uang logam," kata Erwin Haryono melalui pernyataan resmi, Jumat (1/12).

Dengan demikian, lanjutnya, terhitung mulai 1 Desember 2023 uang rupiah logam tersebut tidak lagi berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Uang pecahan koin yang ditarik dari peredaran Bank Indonesia. Foto: Shutterstock
Uang pecahan koin yang ditarik dari peredaran Bank Indonesia. Foto: Shutterstock

Meski demikian bagi masyarakat yang masih memiliki dan menyimpan jenis uang tersebut, Bank Indonesia memberi waktu untuk penukaran hingga 10 tahun ke depan yakni sampai 1 Desember 2033. Penukaran bisa dilakukan di bank-bank umum atau Kantor Pusat atau Kantor Perwakilan Bank Indonesia.

"Setiap uang rupiah logam yang ditukar masyarakat akan diganti dengan nominal yang sama," ujarnya.

Untuk penukaran di Bank Indonesia, masyarakat diminta melakukan pemesanan penukaran terlebih dahulu, melalui aplikasi PINTAR. Aplikasi tersebut bisa diakses melalui https://www.pintar.bi.go.id.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/bi-tarik-3-jenis-uang-dari-peredaran-mulai-hari-ini-tak-laku-lagi-segera-tukar-21gQ0KJzL8E

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations