Bisnis Event Makin Menjanjikan, IPOS Gelar Pertemuan Hotel dan Pelaku Acara
Pada tahun 2022, bisnis event menghasilkan Rp 34,5-164,4 triliun. #kumparanTRAVEL #newsupdate
Konferensi event IPOS Vol. 9 yang akan digelar pada 6-8 Mei 2024 di Discovery Convention Center Ancol, Jakarta, Selasa (2/4/2024) Foto: IPOS
Konferensi event IPOS Vol. 9 yang akan digelar pada 6-8 Mei 2024 di Discovery Convention Center Ancol, Jakarta, Selasa (2/4/2024) Foto: IPOS

Bisnis event saat ini memiliki potensi yang sangat menjanjikan. Hal ini terlihat dari tingginya nilai bisnis event pada tahun 2022 lalu, yang mencapai Rp 34,5-164,4 triliun.

Nilai ini berasal dari 7 komunitas yang ada pada saat ini. Hal tersebut disampaikan oleh Harry D Nugraha, Pendiri Indonesia Profesional Organizer Summit (IPOS).

“Bisnis ini belum termasuk bisnis wedding yang mencapai Rp 101,5 triliun per tahun. Adapun pergerakan peserta mencapai 46,7-121,4 juta per tahun, dengan jumlah pekerja mencapai 90.463 orang,” papar Harry, seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima kumparan.

Untuk itulah, IPOS yang merupakan business to business ( Forum B2B) tahunan ini, menggelar acara untuk mempertemukan para pelaku industri (buyer dan seller) dari hotel dan profesional penyelenggara acara.

“Untuk tahun 2024 ini, ditargetkan ada sekitar 40 buyer, dan yang sudah terdaftar baru 29. 50 persen buyer merupakan buyer baru, dan sisanya yang lama,” kata Harry.

Mengusung tema "Green Gathering: Beyond Borders, Beyond Events", perhelatan IPOS Vol. 9 2024 hadir sejalan dengan komitmen global untuk memprioritaskan kesadaran lingkungan. Dalam menghadapi tantangan global, IPOS mengakui peran penting industri event dalam meresponse dan mempengaruhi arah pembangunan berkelanjutan.

Adapun, forum B2B tahunan ini akan diselenggarakan pada tanggal 6-8 Mei 2024 di Discovery Convention Center Ancol, Jakarta. Event ini diharapkan akan dihadiri oleh lebih dari 200 delegasi dari PCO, EO, promotor, termasuk industri perhotelan & venue-venue terkemuka di Indonesia.

Di samping forum Business Matching, tahun ini diselenggarakan pula Smart Forum yang akan membahas berbagai tren dan business practice terkait green tourism, industry update, dan destination update. Sebab, pasar pariwisata berkelanjutan global diprediksi mencapai 148,3 miliar di 2030, dengan CAGR 7,1 persen dari 2022.

“Dalam menerapkan konsep kegiatan MICE yang ramah lingkungan, para event planner diharapkan dapat memprioritaskan lokasi dan hotel yang memiliki paket pertemuan berkonsep hijau, serta mengantongi sertifikat di bidang lingkungan, seperti ASEAN Green Hotel Standard, atau environmental management system (EMS),” terang Staf Ahli Bidang Pengembangan Usaha Kemenparekraf Masruroh, dalam kesempatan yang sama.

https://kumparan.com/kumparantravel/bisnis-event-makin-menjanjikan-ipos-gelar-pertemuan-hotel-dan-pelaku-acara-22T74RVvsa1

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations