Bobby Nasution Buka Suara soal Medan Zoo: Ada Opsi Ditutup
Bobby Nasution Buka Suara soal Medan Zoo: Ada Opsi Ditutup #newsupdate #update #news #text
Kondisi terkini Medan Zoo.  Foto: Tri Vosa/kumparan
Kondisi terkini Medan Zoo. Foto: Tri Vosa/kumparan

Wali Kota Medan Bobby Nasution akhirnya bicara soal kondisi Medan Zoo yang kian memprihatinkan. Ada opsi kebun binatang di Desa Simalingkar itu ditutup.

"Opsi pasti banyak yang kita buat, yang untuk harus melihat segala aspek. Opsi tetap dibuka, opsi ditutup, opsi relokasi, pasti nanti jadi opsi-opsi yang sudah kita lis, nanti opsi mana yang paling tepat kita pilih keputusan bersama,” kata Bobby kepada wartawan, Rabu (10/1) malam.

Bobby menegaskan, Pemerintah Kota (Medan) melalui Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pembangunan selama ini sudah berupaya untuk membenahi Medan Zoo.

“Iya [memprihatinkan dan darurat kondisinya]. Saya sudah sampaikan soal Medan Zoo ini justru sebelum hal-hal ini terjadi dari awal kita di sini, Medan Zoo sudah jadi perhatian kita,” kata menantu Presiden Jokowi itu.

“Memang tahapan ini terus kita coba selesaikan satu persatu. Dan beberapa kemarin ada yang support saya ucapkan terima kasih. Dan support kemarin yang akan terus kita komunikasikan,” kata dia.

Wali Kota Medan Bobby Nasution menegur warga terkait parkir liar di atas trotoar yang baru selesai dikerjakan oleh Pemerintah Kota Medan. Foto: Instagram/@bobbynst
Wali Kota Medan Bobby Nasution menegur warga terkait parkir liar di atas trotoar yang baru selesai dikerjakan oleh Pemerintah Kota Medan. Foto: Instagram/@bobbynst

Bobby melanjutkan saat ini pihaknya sedang fokus melakukan upaya jangka pendek untuk menyelamatkan satwa. Sedangkan perencanaan pendanaan jangka panjang belum diputuskan.

“Kalau untuk satwanya dan Medan Zoo harus bisa kita, bukan dipisah-pisahin ya. Penanganannya tentu ada penanganan jangka pendek dan jangka panjangnya,” katanya.

“Jangka pendek untuk satwa yang paling utama adalah kesehatan dan makannya. Opsi pendanaan untuk ke seluruh Medan Zoo-nya memang belum ada,” sambungnya.

Kondisi Medan Zoo

Medan Zoo kini memang mengalami kendala finansial. Pemasukan dari pengunjung satu-satunya jadi penopang operasional kebun binatang milik Pemerintah Kota (Pemko) Medan ini.

Kondisi Medan Zoo yang dinilai cukup memprihatinkan. Foto: Tri Vosa/kumparan
Kondisi Medan Zoo yang dinilai cukup memprihatinkan. Foto: Tri Vosa/kumparan

Namun, jumlah pengunjung terus menurun setiap harinya. Manager Medan Zoo Pernius Harefa mengungkap bahwa pengunjung yang datang setiap harinya hanya sekitar 30 orang. Dengan harga tiket Rp 15 ribu.

Hal ini menyebabkan dana operasional Medan Zoo menjadi minus. Bahkan, untuk pakan satwa dan gaji pegawai kini harus mengutang kepada pihak vendor.

Kondisi Medan Zoo yang memprihatinkan menyebabkan dua harimau Sumatera mati dalam dua bulan terakhir.

https://kumparan.com/kumparannews/bobby-nasution-buka-suara-soal-medan-zoo-ada-opsi-ditutup-21wcVz2AdB9

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations