Bos BEI Proyeksikan Tren IHSG Positif hingga Tahun Depan
Dirut Bursa Efek Indonesia (BEI) memprediksi tren IHSG akan positif hingga tahun depan. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Layar menampilkan pergerakan indeks harga saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (14/12/2021). Foto: Hafidz Mubarak A/ANTARA FOTO
Layar menampilkan pergerakan indeks harga saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (14/12/2021). Foto: Hafidz Mubarak A/ANTARA FOTO

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Iman Rachman memproyeksikan tren Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada akhir tahun ini hingga tahun depan akan ada pada titik positif.

Iman bilang, majunya pemilihan umum menjadi Februari 2024 turut membawa tren IHSG menjadi lebih cerah. Investor tidak lagi dibuat menunggu dan menebak-nebak siapa yang akan memimpin negeri ini. Sehingga tren investasi akan stabil.

“Jadi kalau saya lihat ini masih positif, karena kita berharap bahwa walaupun kita tahu pemilu kita akan dilaksanakan di 14 Februari (2024), justru kita perlu suasananya, kondusif dan orang mulai berinvestasi,” tutur Iman dalam diskusi Capital Market Journalist Workshop di Balikpapan pada Jumat (17/11).

Iman menjelaskan faktor politik tidak terlalu berkontribusi dalam tren penurunan indeks saham. Kondisi geopolitik dan perekonomian global, lanjut Iman, yang paling berpengaruh terhadap tren penurunan IHSG di Indonesia.

“Yang terjadi selama ini, penurunannya karena faktor makro, terjadi interest rate dari Amerika Serikat yang terus meningkat, faktor-faktor itu yang menurut saya lebih dominan dari faktor politiknya,” jelas Iman.

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Iman Rachman dalam diskusi Capital Market Journalist Workshop di Balikpapan pada Jumat (17/11/2023). Foto: Widya Islamiati/kumparan
Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Iman Rachman dalam diskusi Capital Market Journalist Workshop di Balikpapan pada Jumat (17/11/2023). Foto: Widya Islamiati/kumparan

“Jadi faktor politiknya saya kira ya berdampak, tapi tidak akan signifikan, tapi insyaallah kondisi ekonominya membaik, itu akan lebih baik peningkatan transaksi kita di tahun depan,” tutup Iman.

Sebelumnya, Pilarmas Investindo Sekuritas juga mencermati stabilitas politik merupakan salah satu hal yang utama yang harus diperhatikan untuk menjaga perekonomian untuk tetap berjalan maju. Oleh karenanya, politik sendiri tidak bisa dihilangkan pengaruhnya terhadap perekonomian Indonesia.

“Capres juga sudah punya pasangannya masing masing, sehingga tentu akan jauh lebih mudah untuk melihat, membandingkan, dan menerawang arah selanjutnya dari perekonomian Indonesia pada tahun tahun mendatang,” tulis Pilarmas Investindo Sekuritas dalam risetnya, Senin (23/10).

Secara sentimen, solidnya perekonomian Indonesia menjelang pesta demokrasi tahun depan masih memberikan daya tarik bagi para investor untuk berinvestasi di dalam negeri.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/bos-bei-proyeksikan-tren-ihsg-positif-hingga-tahun-depan-21bIu87VPD3

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations