Bulog Lobi India Buka Keran Ekspor Beras ke RI
Bulog melobi India agar kembali membuka keran ekspor berasnya ke Indonesia. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Ilustrasi Logo Bulog.  Foto: Abdul Latif/kumparan
Ilustrasi Logo Bulog. Foto: Abdul Latif/kumparan

Ketua Dewan Pengawas Bulog, Bayu Krisnamurthi, mengungkapkan Indonesia masih melakukan usaha pendekatan diplomasi dengan India untuk membuka kembali keran ekspor komoditas utamanya, beras, ke Indonesia. Jika pendekatan diplomasi ini berhasil, Indonesia akan selamat dari ancaman krisis beras.

Bayu juga mengatakan, jika impor beras dari India masuk, hal ini akan menekan harga beras yang saat ini melonjak di level tertinggi selama 15 tahun terakhir di Asia.

“Mudah-mudahan usaha kita diplomasi dengan negara-negara lain berhasil. Kalau saja Indonesia berhasil melakukan pendekatan diplomatik dengan India dan bisa mendapat berasnya, itu sangat mempengaruhi dan bahkan harga di tingkat Asia,” ujar Bayu saat ditemui di kawasan Kemayoran, Jumat (11/8).

Bayu menyebut per Agustus ini cadangan beras yang ada di gudang Bulog seluruh Indonesia mencapai 800 ribu ton. Namun jumlah ini terbilang jauh dari target pemerintah di akhir tahun yang mencapai 1,2 juta ton di akhir tahun.

“Bulog diberi tugas untuk perkuat stok cadangan pemerintah ditargetkan 1 juta sampai 1,2 juta ton sampai akhir tahun. Dan sekarang alhamdulillah Agustus ini 800 ribu ton kita masih ada panen musim kering, jadi harapan kita itu bisa dipenuhi,” ungkap Bayu.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan pemerintah telah menugaskan Perum Bulog untuk memenuhi cadangan beras pemerintah sebanyak 2,2 juta ton hingga akhir 2023. Kebijakan ini dilakukan untuk mengantisipasi fenomena iklim El Nino yang memicu kekeringan.

"El Nino kita akan lihat di semester II, namun mitigasinya sudah ratas di sektor pangan bahwa stok beras jelang akhir tahun itu di angka di atas 2,2 juta ton. Ini kemarin sudah dirapatkan di rapat terbatas dengan ratas untuk arahan kepada Bulog sudah jelas sehingga yang dijaga ketersediaan pangan sampai akhir diamankan," kata Airlangga dalam konferensi pers di kantornya, Senin (7/8).

https://kumparan.com/kumparanbisnis/bulog-lobi-india-buka-keran-ekspor-beras-ke-ri-20y9NjVjzE6

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations