Bulog Pastikan Stok Beras Cukup untuk Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran 2024
Bulog memastikan saat ini Cadangan Beras Pemerintah (CBP) cukup untuk memenuhi kebutuhan ramadan dan lebaran 2024. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Pekerja mengangkat beras Bulog di gudang Bulog, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (16/2/2024). Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Pekerja mengangkat beras Bulog di gudang Bulog, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (16/2/2024). Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Perum Bulog memastikan saat ini pasokan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) cukup untuk memenuhi kebutuhan selama masa ramadan dan lebaran 2024. Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Bulog, Mokhamad Suyamto, mengungkapkan saat ini stok beras CBP di Bulog ada 1,4 juta ton.

“Stok Cadangan Beras Pemerintah yang dikuasai Bulog saat ini ada sebanyak 1,4 juta ton dan juga masih ada sisa kuota penugasan impor tahun ini sebanyak 1,5 juta ton," kata Suyamto melalui keterangan tertulis, Senin (26/2).

"Jadi jumlahnya sangat cukup untuk kebutuhan penyaluran baik untuk kebutuhan puasa dan lebaran maupun penyaluran bantuan pangan sampai dengan bulan Juni,” tambahnya.

Suyamto menegaskan Bulog akan terus melakukan manuver positif menyikapi harga beras yang masih fluktuatif, dengan menjalankan semua penugasan dari pemerintah secara serius. Saat ini, Bulog sedang menyalurkan bantuan pangan beras kepada 22 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Masing-masing KPM mendapatkan beras 10 kg.

"Selanjutnya terus menggelontorkan program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) yang disalurkan ke pasar induk, pasar tradisional dan retail modern. Kemudian Bulog juga melakukan intervensi melalui melalui Gerakan Pangan Murah (GPM) yang mendatangi langsung ke pemukiman penduduk atau tempat keramaian,” ujar Suyamto.

Suyamto menuturkan diperlukan waktu agar tercapai keseimbangan harga baik di tingkat produsen dan konsumen. Ia menegaskan persoalan tersebut telah diperhitungkan dengan baik oleh pemerintah.

"Sehingga masyarakat tidak perlu merasa khawatir terhadap harga dan ketersediaan pangan khususnya beras ini," tutur Suyamto.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/bulog-pastikan-stok-beras-cukup-untuk-penuhi-kebutuhan-ramadan-dan-lebaran-2024-22EwWW8K1dk

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations