Cara Meningkatkan Kemampuan Public Speaking untuk Content Creator
Salah satu cara untuk mengasah kemampuan ini adalah dengan mengikuti kelas public speaking di acara kumparan Hangout pada 30 Agustus 2023. Begini caranya. #kumparanBUZZ #newsupdate
Ilustrasi content creator. Foto: Shutterstock
Ilustrasi content creator. Foto: Shutterstock

Di era serba digital, kemampuan untuk berbicara di depan umum atau public speaking telah menjadi keterampilan utama. Public speaking bukan hanya keterampilan untuk para pembicara profesional atau politisi saja, melainkan sudah menjadi alat penting yang dapat membawa manfaat besar dalam berbagai aspek kehidupan.

Salah satu bidang di mana public speaking menjadi semakin relevan adalah dalam dunia konten kreatif. Content creator modern seperti YouTuber, Podcaster, atau Blogger, menemukan bahwa kemampuan berbicara dengan baik adalah salah satu kunci keberhasilan dalam membangun hubungan dengan audiens.

Salah satu elemen kunci dari berbicara di depan umum yang efektif adalah kemampuan untuk tampil natural dan autentik. Tentunya tampil natural tidak hanya membuatmu lebih nyaman dan percaya diri, tetapi juga membantu menarik perhatian audience dengan lebih mudah.

Bagi kamu yang saat ini baru terjun ke dunia content creator ada beberapa tips yang bisa membantumu tampil natural saat berbicara di depan umum, sehingga kamu bisa menarik perhatian audience dengan mudah. Apa saja? Simak selengkapnya berikut ini.

Latih Kontak Mata

Ilustrasi Youtuber. Foto: Shutter Stock
Ilustrasi Youtuber. Foto: Shutter Stock

Sebagai seorang content creator, kamu tahu betul betapa pentingnya memiliki keterampilan berbicara di depan kamera dengan alami dan meyakinkan. Salah satu aspek penting yang sering diabaikan adalah kontak mata yang kuat.

Dikutip dari laman resmi LinkedIn, CEO RhinoLeg & Arlingbrook, Antion T. Smith Jr, mengatakan berbicara di depan kamera sambil menjaga kontak mata bukanlah hal yang mudah. Namun, dengan latihan yang tepat kamu dapat membangun keterampilan ini dengan cara yang alami. Kamu bisa berlatih menatap satu tempat dan mengingat nama, tanggal, dan informasi lainnya tanpa tergoda untuk memalingkan pandanganmu.

Hindari Ketergantungan pada Alat Bantu

Ilustrasi presentasi menghadap audiens. Foto: Shutterstock
Ilustrasi presentasi menghadap audiens. Foto: Shutterstock

Sebagai seorang content creator, kemampuan public speaking adalah salah hal penting yang perlu dimiliki karena dapat mengangkat kualitas kontenmu. Dalam upaya untuk tampil alami dan meyakinkan, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan, salah satunya adalah menghindari ketergantungan pada alat bantu presentasi seperti PowerPoint.

Terlalu bergantung pada PowerPoint dapat membatasi kemampuan kamu untuk tampil natural dan terhubung dengan audiens. Terkadang, ketergantungan pada slide-slide tersebut bisa membuatmu merasa seperti hanya membaca isi slide, bukan berbicara secara spontan dan meyakinkan.

Alih-alih membaca isi slide, kamu bisa lebih fokus pada berinteraksi dengan audiens. Ajukan pertanyaan yang merangsang pemikiran, tanggapan, atau refleksi dari mereka. Ini dapat menciptakan koneksi yang lebih kuat dan membuat audiens merasa lebih terlibat denganmu.

Membawa Energi Positif

Ilustrasi presentasi menghadap audiens. Foto: Shutterstock
Ilustrasi presentasi menghadap audiens. Foto: Shutterstock

Sebagai seorang content creator yang berbicara di depan umum, memiliki energi yang positif dan menular adalah kunci untuk tampil alami dan meyakinkan. Energi yang kamu bawa tak hanya mempengaruhi bagaimana kamu terlihat, tetapi juga bagaimana audiens merespons pesan yang kamu sampaikan.

Salah satu cara terbaik untuk membawa energi yang menular adalah dengan mempersiapkan materi dengan baik. Ketika kamu memiliki pemahaman yang kuat tentang topik yang dibahas, kamu akan lebih percaya diri. Kepercayaan diri ini akan terpancar dalam ekspresi wajah, nada suara, dan gerakan tubuhmu. Ketika kamu yakin tentang apa yang ingin disampaikan, energi positif akan mengalir dengan alami.

Ikut Pelatihan

Poster Hangout kumparan. Foto: kumparan
Poster Hangout kumparan. Foto: kumparan

Sebagai seorang content creator, keterampilan public speaking adalah suatu hal yang wajib kamu kuasai. Kemampuan untuk berbicara dengan percaya diri di depan kamera atau audiens dapat memberikan dampak besar pada kualitas kontenmu. Salah satu cara untuk mengasah kemampuan ini adalah dengan mengikuti kelas public speaking di acara kumparan Hangout di akhir bulan ini.

Di acara tersebut kamu bisa melatih skill public speaking bareng sama ahlinya, lho. Catat tanggalnya ya, Rabu 30 Agustus 2023, pukul 15.00 WIB di Taman Komunitas kumparan. Eits, tenang aja buat kamu yang mau join di acara ini gak dipungut biaya ya alias gratis.

Cara daftarnya gampang banget kamu tinggal join grup teman kumparanCreator > https://bit.ly/gruptemankumparanLink pendaftaran > http://kum.pr/hangoutkumparan

https://kumparan.com/millennial/cara-meningkatkan-kemampuan-public-speaking-untuk-content-creator-2142xxqPQRb

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations