Cara Tarik Tunai Pakai QRIS, Lebih Murah Dibandingkan di ATM
Tak cuma buat pembayaran, QRIS kini dikembangkan Bank Indonesia untuk tarik tunai, transfer, dan setor dana. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Bank Indonesia mengembangkan fitur transaksi digital QRIS, sehingga kini bisa digunakan untuk tarik tunai, transfer, dan setor dana. Foto: Raisan Al Farisi/ANTARA FOTO
Bank Indonesia mengembangkan fitur transaksi digital QRIS, sehingga kini bisa digunakan untuk tarik tunai, transfer, dan setor dana. Foto: Raisan Al Farisi/ANTARA FOTO

Bank Indonesia (BI) meluncurkan fitur baru, QRIS Tuntas. Melalui fitur ini QRIS dapat digunakan untuk tarik tunai, setor tunai, dan transfer dana.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, untuk tarik tunai masyarakat hanya perlu memindai QRIS di mesin ATM atau agen pembayaran (Laku Pandai) menggunakan aplikasi keuangan digital masing-masing.

"Untuk cara menggunakan fitur QRIS Tuntas, pengguna dapat memindai QRIS menggunakan aplikasi pembayaran secara terinterkoneksi antar PJP (penyedia jasa pembayaran) bank dan lembaga selain bank, untuk mengakses sumber dananya," katanya saat peluncuran fitur QRIS Tuntas, Kamis (17/8).

Sumber dana itu sendiri, jelas Perry, bisa yang di simpanan di bank maupun uang elektronik server-based

Biaya Transaksi Lebih Murah

Gubernur BI mengingatkan, pengguna perlu membayar sejumlah biaya setiap kali bertransaksi menggunakan layanan ini. Biaya tarik tunai menggunakan QRIS Tuntas ditetapkan berdasarkan kesepakatan dengan industri, yakni Rp 6.500 per transaksi.

Transaksi on-us atau dalam sistem Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) dilakukan melalui agen serta transaksi off-us antar-PJB. Sementara transaksi on-us intra PJB melalui ATM tidak dikenakan biaya.

"Ini lebih murah dibandingkan biaya tarik tunai off-us saat ini di ATM yang sebesar Rp 7.500 atau tarik tunai melalui agen yang dapat berkisar Rp 10.000 hingga Rp 20.000," papar Perry.

Sedangkan biaya transfer menggunakan QRIS Tuntas adalah Rp 2.500 per transaksi sama dengan biaya transfer BI-FAST. Namun BI-FAST harus menggunakan rekening, sedangkan QRIS Tuntas selain pakai rekening, juga bisa dengan uang elektronik.

Gubernur BI Perry Warjiyo saat launching QRIS Tuntas di Komplek Bank Indonesia, Kamis (17/8/2023). Foto: Akbar Maulana/kumparan
Gubernur BI Perry Warjiyo saat launching QRIS Tuntas di Komplek Bank Indonesia, Kamis (17/8/2023). Foto: Akbar Maulana/kumparan

"Jadi biaya murah Rp 2.500. Bahkan untuk transaksi sampai dengan Rp 100 ribu per transaksi, kami sepakat untuk juga lebih murah lagi yaitu Rp 2.000 per transaksi. Ini efektif untuk menyasar masyarakat kita yang belum terkoneksi kepada rekening," katanya.

Sementara fitur setor tunai, biaya yang ditetapkan adalah Rp 5.000 per transaksi melalui transaksi on-us melalui agen dan transaksi off-us. Sementara itu, transaksi on-us intra PJP via ATM tidak dikenakan biaya.

"Lagi-lagi ini juga murah. Jauh lebih murah karena dibandingkan biaya setor tunai melalui agen saat ini yang dapat berkisar Rp10 ribu-Rp 20.000 per transaksi," jelas Gubernur Bank Indonesia.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/cara-tarik-tunai-pakai-qris-lebih-murah-dibandingkan-di-atm-210tZgFAZIk

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations