Cegah Karhutla, Polres Jepara Ingatkan Warga Tak Buang Puntung Rokok Sembarangan
Polres Jepara mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayahnya. #newsupdate #update #news #text
Polres Jepara patroli hutan demi cegah karhutla. Foto: Polres Jepara
Polres Jepara patroli hutan demi cegah karhutla. Foto: Polres Jepara

Polres Jepara mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayahnya. Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan memimpin patroli pencegahan karhutla di kawasan hutan dan lahan yang berada di wilayah Kecamatan Mlonggo hingga Kecamatan Bangsri tepatnya di Pos Perhutani Petak 19 (Suwadang), Dukuh Krasak, Desa Bangsri, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara, Jumat (15/9).

"Patroli dialogis ini dilakukan sebagai bagian dari upaya Polres Jepara dalam mengantisipasi potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, terutama dalam kondisi cuaca yang kering," ujar AKBP Wahyu dalam keterangannya.

Selain itu, Wahyu juga mengimbau dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Jepara.

"Dalam situasi musim kemarau ini, kita sering kali menghadapi ancaman kebakaran hutan dan lahan atau yang biasa disebut Karhutla. Hal ini tidak hanya bisa merusak lingkungan dan hutan yang menjadi sumber kehidupan, tetapi juga dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan serta dapat menimbulkan kerugian ekonomi yang besar,” katanya.

"Oleh karena itu, sebagai Kapolres Jepara, saya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengantisipasi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan," sambungnya.

Polres Jepara patroli hutan demi cegah karhutla.  Foto: Polres Jepara
Polres Jepara patroli hutan demi cegah karhutla. Foto: Polres Jepara

Wahyu meminta warga untuk tidak melakukan hal-hal yang bisa mengakibatkan kebakaran hutan dan lahan, salah satunya tidak membuang puntung rokok sembarangan.

"Jangan membuang puntung rokok sembarangan. Jika melihat adanya tanda-tanda kebakaran atau titik panas di sekitar agar segera berupaya dipadamkan dan melaporkan kepada petugas terdekat," kata dia.

“Tingkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita. Pastikan tidak ada bahan-bahan yang mudah terbakar yang tergeletak di sekitar rumah atau area hutan. Ajak keluarga, tetangga, dan teman-teman untuk bersama-sama ikut serta dalam upaya pencegahan Karhutla. Pendidikan dan sosialisasi kepada mereka tentang bahaya Karhutla juga sangat penting," tandasnya.

Sementara itu, Kasubsipenmas Sihumas Polres Jepara, Ipda Basirun menambahkan, tindakan pencegahan karhutla sangat penting untuk menjaga lingkungan. Pencegahan ini, kata dia, sekaligus untuk menghindari dampak buruk terhadap ekosistem dan masyarakat sekitar.

"Upaya ini merupakan bagian dari tanggung jawab bersama Polres Jepara dengan stakeholder terkait dalam menjaga keamanan lingkungan dan masyarakat," kata Basirun.

Dia mengatakan, dengan adanya patroli ini diharapkan kebakaran hutan yang ada di wilayah hukum Polres Jepara dapat dihindari.

"Polres Jepara berusaha untuk senantiasa berperan aktif dalam menjaga keamanan lingkungan serta memberikan contoh nyata dalam menjaga kelestarian lingkungan untuk generasi yang akan datang," katanya.

https://kumparan.com/kumparannews/cegah-karhutla-polres-jepara-ingatkan-warga-tak-buang-puntung-rokok-sembarangan-21CAgjN9uWr

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations