CEO BP, Bernard Looney, Resign karena Hubungan Pribadi dengan Rekan Kerja
Perusahaan minyak global mengumumkan pengunduran diri CEO Bernard Looney, setelah kurang dari empat tahun menjabat, Selasa (12/9). #bisnisupdate #update #bisnis #text
CEO BP Bernard Looney. dok. Reuters.
CEO BP Bernard Looney. dok. Reuters.

Perusahaan minyak global mengumumkan pengunduran diri CEO Bernard Looney, setelah kurang dari empat tahun menjabat, Selasa (12/9). Alasan pengunduran diri Looney lantaran ia gagal mengungkapkan secara lengkap rincian hubungan pribadi dengan rekan kerjanya beberapa waktu lalu.

Sebagai pengganti sementara, CEO BP akan dijabat oleh Chief Financial Officer (CFO), Murray Auchincloss.

Mengutip Reuters, Rabu (13/9), pengunduran Looney ini mengejutkan setelah tuduhan hubungan pribadi dengan rekan-rekan perusahaannya muncul baru-baru ini, sehingga mendorong perusahaan untuk melakukan penyelidikan.

Hal ini menyusul tuduhan serupa yang diselidiki dewan pada Mei 2022. Selama peninjauan tersebut, Looney mengungkapkan "sejumlah kecil hubungan historis dengan rekan kerja sebelum menjadi CEO."

Tidak ada pelanggaran kode etik perusahaan yang ditemukan pada saat itu. Namun, Looney memberi tahu dewan BP pada hari Selasa bahwa dia tidak sepenuhnya mengungkapkan rincian semua hubungannya, sehingga sehingga mendorong pengunduran dirinya.

Logo SPBU BP. Foto: Henry Nicholls/REUTERS
Logo SPBU BP. Foto: Henry Nicholls/REUTERS

Paket gaji Looney pada tahun 2022 meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi sekitar USD 12 juta karena keuntungan besar di tengah melonjaknya harga energi. Perusahaan juga belum memutuskan terkait pembayaran remunerasi yang harus dilakukan kepada Looney.

Pria 53 tahun itu sudah menjadi CEO BP pada Februari 2020 lalu. Ia berjanji untuk menciptakan kembali perusahaan yang telah berusia 114 tahun dengan menyusun rencana ambisius.

Salah satunya dengan mencapai nol emisi bersih di 2050 dan menginvestasikan miliar dolar pada energi terbarukan dan rendah karbon.

Padahal awal tahun ini, BP berencana mengurangi produksi hidrokarbon pada 2030 menjadi 25 persen, dari sebelumnya 40 persen di 2019. Perusahaan juga telah berjuang untuk meyakinkan investor bahwa mereka dapat memperoleh keuntungan kompetitif dari bisnis non-hidrokarbonnya.

Saham BP di London berakhir naik 1 persen sebelum pengunduran pengunduran diri Looney. Sementara saham BP yang terdaftar di New York turun 1,5 persen ke posisi terendah hari ini setelah berita tersebut.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/ceo-bp-bernard-looney-resign-karena-hubungan-pribadi-dengan-rekan-kerja-21B7mqVzEPn

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations