Cerita Mahfud Larang Pejabat Temui Dirinya: Bertugas Saja dengan Baik
Cerita Mahfud Larang Pejabat Temui Dirinya: Bertugas Saja dengan Baik. #newsupdate #pemilupedia
Mahfud MD saat membereskan ruang kerjanya di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Jumat (2/2). Foto: Fadhil Pramudya/kumparan
Mahfud MD saat membereskan ruang kerjanya di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Jumat (2/2). Foto: Fadhil Pramudya/kumparan

Mahfud MD telah resmi menyerahkan surat pengunduran diri ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia menyatakan mundur sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Kamis (1/2) kemarin.

Di hadapan para ASN Kemenko Polhukam, Mahfud membagikan ceritanya melarang beberapa rekannya yang menjadi pejabat di berbagai daerah untuk menemui dirinya saat melakukan safari politik sebagai cawapres.

Mahfud MD tiba di Kantor Kemenko Polhukam, usai menyerahkan pengunduran diri ke Presiden Joko Widodo di Istana Presiden, Jakarta, Kamis (1/2/2024). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Mahfud MD tiba di Kantor Kemenko Polhukam, usai menyerahkan pengunduran diri ke Presiden Joko Widodo di Istana Presiden, Jakarta, Kamis (1/2/2024). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

"Saya juga mau menyerukan dari sini teman-teman saya banyak yang sekarang jadi Pangdam, Kapolda, pejabat gubernur, pejabat bupati, dan wali kota, banyak yang diproses dari sini," ujarnya saat berpidato pada hari terakhirnya menjabat, di Kantor Kemenko Polhukam, Jumat (2/2).

"Bekerjalah baik-baik, tidak usah mendukung saya, profesional saja," katanya.

Meskipun sebelumnya pernah bekerja sama dengan dirinya, Mahfud meminta para pejabat tersebut fokus pada tugasnya dalam menjaga keutuhan Indonesia.

"Saya tahu banyak yang merasa terikat hatinya karena dulu bersama saya, lalu sekarang di suatu tempat," ucap Mahfud.

"Lalu saya bilang, 'kalau saya ke sana, anda tidak usah menemui karena anda pejabat pemerintah, aparat, sedangkan saya datang sebagai politikus dan cawapres'. Sehingga, saya bilang tidak usah ketemu saya, bekerja saja secara baik-baik, jaga Indonesia ini dengan sebaik-baiknya," imbuhnya.

Tak Cawe-cawe

Mahfud juga bangga dengan ASN di lingkungan Kemenko Polhukam. Sepanjang dia mengikuti konstelasi politik, tidak ada ASN yang melanggar netralitas. Mereka tetap bekerja seperti biasa.

"Kemenko Polhukam alhamdulillah netral, tidak ada cawe-cawe dalam urusan politik, ini pertahankan," pungkasnya.

Mahfud MD usai membereskan ruang kerjanya di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Jumat (2/2). Foto: Fadhil Pramudya/kumparan
Mahfud MD usai membereskan ruang kerjanya di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Jumat (2/2). Foto: Fadhil Pramudya/kumparan

Mahfud saat ini merupakan cawapres nomor urut 03 berpasangan dengan Ganjar Pranowo. Dia memutuskan untuk mundur karena tak ingin mencampuradukkan jabatannya dengan posisi politiknya saat ini.

Ia mengaku sejak awal ditunjuk menjadi pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 sudah ingin mengundurkan diri sebagai Menko Polhukam. Setelah banyak pertimbangan, kata Mahfud, akhirnya ia memutuskan untuk mundur setelah menunggu momentum yang tepat.

“Nanti kalau saya mundur di depan dulu, orang mengatakan, ‘Lo, kok buru-buru, sih? Yang lain belum’. Maka dulu memang kami bicarakan ketika pertama, ‘Saya harus mundur’. Itu titik,” kata Mahfud di kantornya setelah dari Istana untuk menyerahkan surat pengunduran diri ke Presiden Joko Widodo, Kamis (1/2) kemarin.

"Kan tidak mungkin saya against kebijakan atau against calon yang didukung Pak Jokowi lalu saya masih terus, kan, enggak bagus. Sehingga saya harus mundur. Cuma kapan mundurnya? Hingga pada waktu itu kesimpulannya tunggu dulu, tunggu momentum,” cerita Mahfud.

Momentum yang dipikirkan Mahfud kala itu adalah saat pemungutan suara selesai. Akan tetapi, ternyata hari rekapitulasi itu dianggap masih lama. Jadilah kemudian diputuskan mundur pada Kamis (1/2) kemarin.

"Kapan momentumnya? Yang tepat itu setelah pemungutan suara. Karena sesudah itu pemerintah akan berlangsung dan saya merasa enggak layak kalau terus di situ. Kalau sesudah pemungutan suara, itu, kan, masih lama,” pungkas Mahfud.

https://kumparan.com/kumparannews/cerita-mahfud-larang-pejabat-temui-dirinya-bertugas-saja-dengan-baik-225R15Sxzs6

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations