China Klaim Temukan Penyebab Pneumonia Misterius: Bukan Penyakit Menular Baru
China Klaim Temukan Penyebab Pneumonia Misterius: Bukan Penyakit Menular Baru #newsupdate #update #news #text
Seorang anak menjalani pemeriksaan penyakit Pneumonia di sebuah rumah sakit di Hefei, provinsi Anhui, Tiongkok. Foto: AFP
Seorang anak menjalani pemeriksaan penyakit Pneumonia di sebuah rumah sakit di Hefei, provinsi Anhui, Tiongkok. Foto: AFP

Pemerintah China mengeklaim telah menemukan penyebab kasus pneumonia misterius yang tengah melonjak, khususnya pada anak-anak. Lonjakan kasus pneumonia ini muncul ketika negara tersebut tengah menghadapi musim dingin pertama sejak dicabutnya pembatasan ketat akibat COVID-19.

Dilansir Reuters, seorang pejabat kesehatan China menyebut penyakit pernapasan ini disebabkan oleh sebuah patogen yang sudah diketahui. Patogen adalah agen biologis berupa mikroorganisme yang bisa menyebabkan infeksi pada manusia maupun hewan, atau istilah lainnya adalah mikroorganisme parasit.

"Tidak ada tanda-tanda penyakit menular baru," kata pejabat tersebut kepada Reuters dilansir Sabtu (2/12).

Peningkatan jumlah penderita pneumonia misterius ini juga menarik perhatian WHO. Pemerintah China juga sudah membuka klinik rawat jalan anak yang lebih banyak untuk memastikan penyakit ini bisa ditangani.

"Pihak kami juga berupaya memastikan lebih banyak orang lanjut usia dan anak-anak yang mendapatkan vaksin flu, dan mendorong masyarakat untuk memakai masker dan mencuci tangan," ucap pejabat Komisi Kesehatan Nasional China, Mi Feng, dalam konferensi persnya.

Hingga saat ini para dokter dan ahli di China belum menyatakan kekhawatirannya akan terjadinya wabah pneumonia misterius. Sebab ada beberapa negara lainnya yang juga mengalami peningkatan kasus gangguan pernapasan serupa setelah langkah-langkah pencegahan COVID-19 dilonggarkan.

https://kumparan.com/kumparannews/china-klaim-temukan-penyebab-pneumonia-misterius-bukan-penyakit-menular-baru-21gyDKFawUc

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations