China Resmi Hapuskan Tes Wajib COVID-19 untuk Wisatawan Internasional
China menjadi salah satu negara terakhir di dunia yang melalukan hal tersebut. #kumparanTRAVEL #newsupdate
Wisatawan mengunjungi Tembok Besar China pada hari libur Hari Buruh di Beijing, Kamis (1/5). Foto: REUTERS / Thomas Peter
Wisatawan mengunjungi Tembok Besar China pada hari libur Hari Buruh di Beijing, Kamis (1/5). Foto: REUTERS / Thomas Peter

Kabar gembira untuk kamu yang berencana berlibur atau berkunjung ke China dalam waktu dekat. Sebab, China kini sudah resmi menghapuskan kewajiban tes COVID-19 bagi wisatawan internasional yang datang ke Negeri Tirai Bambu, dan menjadi salah satu negara terakhir di dunia yang melakukan hal tersebut.

Dilansir Travel and Leisure, keputusan untuk tak lagi memberlakukan wajib tes COVID-19 dilakukan beberapa bulan setelah Hong Kong melakukan hal yang sama.

Sebelumnya, China menjadi salah satu negara yang memiliki kebijakan pembatasan terkait COVID-18 paling ketat di dunia. China juga baru mengakhiri kebijakan ketat "Zero COVID-19" pada bulan Desember lalu, menurut catatan AP.

Shenzhen, China, jadi pilihan destinasi wisata traveler canggih. Foto: Shutterstock
Shenzhen, China, jadi pilihan destinasi wisata traveler canggih. Foto: Shutterstock

Bahkan, China juga pernah memberlakukan aturan bahwa wisatawan harus melakukan isolasi di hotel yang ditunjuk pemerintah selama berminggu-minggu.

Walaupun saat ini China sudah melonggarkan peraturan masuk ke negara mereka, bahkan menghapuskan syarat tes COVID-19, tetapi Departemen Luar Negeri AS telah mengeluarkan peringatan perjalanan "Tingkat 3". Dalam peringatan ini, mereka mendesak warga Amerika untuk "mempertimbangkan kembali perjalanan ke China Daratan, karena penegakan hukum setempat yang sewenang-wenang, termasuk berkaitan dengan larangan keluar, dan risiko penahanan yang salah".

Sementara itu, dengan resminya China untuk menghentikan tes wajib COVID-19 untuk wisatawan internasional, membuat hanya sedikit negara yang tersisa yang menerapkan pembatasan ketat di era pandemi. Salah satu negara tersebut adalah Korea Utara, yang baru saja merilis penerbangan pertamanya setelah era COVID-19 dengan maskapai andalan mereka, Air Koryo, dari Pyongyang ke Beijing, beberapa waktu lalu.

https://kumparan.com/kumparantravel/china-resmi-hapuskan-tes-wajib-covid-19-untuk-wisatawan-internasional-217e6Ym9f71

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations